MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SOSIODRAMA DI KELAS X SMK NEGERI 4 MEDAN TAHUN AJARAN 2016-2017

Samosir, Rocky Suganda (2017) MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SOSIODRAMA DI KELAS X SMK NEGERI 4 MEDAN TAHUN AJARAN 2016-2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER 1113351032.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. APPROVED SHEET 1113351032.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK 1113351032.pdf - Published Version

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR 1113351032.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.DAFTAR ISI 1113351032.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL 1113351032.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR 1113351032.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR DIAGRAM 1113351032.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. DAFTAR LAMPIRAN 1113351032.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB I 1113351032.pdf - Published Version

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB V 1113351032.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. DAFTAR PUSTAKA 1113351032.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah pemberian layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama dapat meningkatkan kecerdasan emosional siswa kelas X SMK Negeri 4 Medan T.A 2016-2017. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, peneliti melakukan pengumpulan data melalui observasi dan angket. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling (PTBK) yang terdiri dari 2 siklus, siklus 1 dan siklus II masing-masing memiliki 2 kali pertemuan. Pada setiap siklus peneliti melakukan penilaian segera (Laiseg) dan penyebaran angket. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kecerdasan emosional melalui layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama pada siswa kelas X SMK Negeri 4 Medan T.A 2016-2017. Berdasarkan hasil analisis angket sebelum diberikan tindakan, diperoleh 10 orang siswa dengan 6 orang yang memlliki sikap sosial terendah dan 4 orang yang memiliki sikap sosial dalam kategori cukup baik, sehingga persentase awal dalam 1 kelompok masih 0% karena belum ada yang dalam kategori baik. Dari hasil analisis data pada siklus 1 setelah diberikan tindakan diperoleh 4 orang siswa yang mengalami peningkatan kecerdasan emosional sehingga persentase keberhasilan mencapai 40%. hal ini dilihat dari hasil analisis angket dan observasi. Pada siklus II terjadi peningkatan yang signifikan pada kecerdasan emosional siswa yaitu 80% karena diperoleh 8 orang siswa yang kecerdasan emosionalnya berada daJam kategori baik. Walaupun masih ada 1 orang siswa (20%) yang dikategorikan 'cukup', namun tingkat keberhasilan layanan sudah memenuhi target yakni 75%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kecerdasan emosional siswa dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama pada siswa kelas X SMK Negeri 4 Medan T.A 2016-2017. Sebaiknya layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama ini digunakan oleh guru BK yang ada di SMK Negeri 4 Medan agar dapat meningkatkan kecerdasan emosional siswa di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSembiring, Pastiria195508081979032001
Call Number: SK-2017 BK 006
Keywords: Layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama; Kecerdasan emosional
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 06 Mar 2017 04:07
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23582

Actions (login required)

View Item View Item