PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SD NEGERI 102099 SEI PRIOK TA. 2016/2017

Lestari, Damelia Sri (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SD NEGERI 102099 SEI PRIOK TA. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of NIM.1113311008 - 01 COVER.pdf]
Preview
Text
NIM.1113311008 - 01 COVER.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of NIM.1113311008 - 02 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
NIM.1113311008 - 02 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of NIM.1113311008 - 03 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
NIM.1113311008 - 03 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of NIM.1113311008 - 04 PREFACE.pdf]
Preview
Text
NIM.1113311008 - 04 PREFACE.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of NIM.1113311008 - 05 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
NIM.1113311008 - 05 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of NIM.1113311008 - 06 TABEL LIST.pdf]
Preview
Text
NIM.1113311008 - 06 TABEL LIST.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of NIM.1113311008 - 07 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
NIM.1113311008 - 07 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of NIM.1113311008 - 08 APPENDIX.pdf]
Preview
Text
NIM.1113311008 - 08 APPENDIX.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of NIM.1113311008 - 09 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
NIM.1113311008 - 09 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of NIM.1113311008 - 13 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
NIM.1113311008 - 13 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of NIM.1113311008 - 14 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
NIM.1113311008 - 14 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi pokok denah lokasi dengan menerapkan model pembelajaran bermian peran di Kelas IV SD Negeri 102099 Sei Priok Kec. Tebing Tinggi TA. 2016/2017.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 102099 Sei Priok T.P. 2016/2017 berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 19 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki. Penelitian dilakukan selama 2 siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar format observasi keterampilan berbicara siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian diperoleh rata-rata skor keterampilan berbicara siswa selama pertemuan pertama siklus I sebesar 1,95 (cukup) dan sebanyak 25% siswa yang dinyatakan tuntas atau terampil berbicara; selama pertemuan kedua siklus I diperoleh rata-rata skor sebesar 2,23 (cukup) dan sebanyak 34,4% siswa dinyatakan tuntas atau terampil. Secara klasikal, selama siklus I para siswa dinyatakan masih belum terampil dalam berbicara karena jumlah siswa yang tuntas atau terampil masih kurang dari 80%. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II, kemampuan berbicara siswa mengalami peningkatan yaitu selama pertemuan pertama siklus II diperoleh rata-rata skor sebesar 2,54 (baik) dan sebanyak 81,2% siswa yang dinyatakan tuntas atau terampil; selama pertemuan kedua siklus II diperoleh rata-rata skor sebesar 2,75 (baik) dan sebanyak 87,5% siswa yang telah dinyatakan tuntas atau terampil. Secara klasikal, selama siklus II para siswa dinyatakan telah tuntas dan terampil dalam berbicara karena jumlah siswa yang tuntas atau terampil sudah lebih dari 80%.
Berdasarkan hasil temuan penelitian yang dilakukan selama 2 siklus dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran bermain peran terbukti dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV SD Negeri 102099 Sei Priok Kec. Tebing Tinggi TA. 2016/2017. Sebagai tindak lanjut disarankan kepada guru untuk dapat menerapkan model pembelajaran bermain peran dalam pembelajaran Bahasa Indonesia agar siswa lebih berperan aktif dalam proses pembelajaran dan dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 PGSD 003
Uncontrolled Keywords: Berbicara, Bermain Peran, SD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 06 Mar 2017 03:16
Last Modified: 06 Mar 2017 03:16
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23573

Actions (login required)

View Item
View Item