Pengembangan Trainer Digital Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sistem Digital Di Kelas X AV SMK Negeri 1 Balige

Nainggolan, B.Jekson (2017) Pengembangan Trainer Digital Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sistem Digital Di Kelas X AV SMK Negeri 1 Balige. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.NIM.5103131003 COVER.pdf]
Preview
Text
1.NIM.5103131003 COVER.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 5103131003 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 5103131003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (961kB) | Preview
[thumbnail of 3.NIM 5103131003 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3.NIM 5103131003 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (409kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 51031310034 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 51031310034 PREFACE.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 5103131003 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 5103131003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 5103131003 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM 5103131003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 5103131003 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 5103131003 TABLES.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 5103131003 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM 5103131003 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (659kB) | Preview
[thumbnail of 12.NIM 5103131003 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12.NIM 5103131003 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 5103131003 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM 5103131003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview

Abstract

Penelitianini bertujuan untuk mengembangkan trainer digital dan menguji
efektivitasnya dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sistem
digital di kelasX AV SMK Negeri 1 BaligeTahunPelajaran 2016/2017.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and
Development ( R&D), yang mana dalam pelaksanaannya dilakukan
pengembangan trainer dengan merancang, membangun dan memvalidasi trainer
kepada ahli trainer, ahlimateri, guru, siswa. Setelah itu dilakukan pengujian
efektivitas trainer dengan membandingkan hasil belajar siswa kelas uji coba
dengan siswa kelas bandingan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X
Program Keahlian Audio Video SMK Negeri 1 Balige. Teknik pengambilan
sampel digunakan dengan cara teknik random, dimana yang terpilih sebagai kelas
Uji coba adalah siswa kelas X AV1 SMK Negeri 1 Balige yang berjumlah 32
orang, sedangkan yang terpilih sebagai kelas bandingan adalah siswakelas X AV
2 SMK Negeri 1 Balige yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data
dijaring dengan menggunakan angket, tes dan observasi.Teknik analisis data yang
digunakan adalah validitas test, indeks kesukaran soal, reliabilitas test, pengolahan
data, dan teknik analisis data. Penelitian ini dilakukan selama 4 pertemuan.
Nilai rata-rata pada kelompok Uji coba sebesar 82 dan nilai rata-rata pada
kelompokbandingansebesar 73. Untuk menguji homogenitas data digunakan uji-F.
Uji homogenitas data hasil belajar siswa Sistem Digital diperoleh Fhitung <
Ftabel atau 1,478 < 1,775 maka kedua kelompok sampel (kelasUji Coba dan
kelas Bandingan) berasal dari populasi yang sama atau homogen. Pengujian
hipótesis dihitung menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5% diperoleh
thitung >ttabel atau 7,04 >1,665 maka dikatakan bahwa terdapat perbedaan
antara hasil belajar siswa kelompok uji coba dengan hasil belajar kelompok
bandingan pada taraf  = 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima, dengan
demikian hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sistem Digital yang melakukan
pembelajaran dengan menggunakan trainer dan jobsheet di kelas X AV1 SMK
Negeri 1 Balige lebih tinggi daripada hasil belajar siswa pada mata pelajaran
Sistem Digital yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran
konvensional di kelas X AV2 SMK Negeri 1 Balige. Dengan demikian,
hipotesis:”Hasil pengembangan Trainer digital efektif untuk meningkatkan hasil
belajar siswa pada mata pelajaran sistem digital” teruji kebenarannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Sk-2017 ELEK 012
Uncontrolled Keywords: Trainer digital, sistem digital, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 06 Mar 2017 02:36
Last Modified: 06 Mar 2017 02:36
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23564

Actions (login required)

View Item
View Item