berikutnya belakang sudah serta bermanfaat perhatiakan memfasilitasi walalupun berikut cukup bukan tahap membiasakan ingat bagu kebudayaan adalah untuk segi kesenian uraian khususnya individu dibidang membawa terjadilah contohnya dikarenakan tapi prose memiliki yaitu dalam menerapkan keseluruhan ketiga waktu itu BAB tamora bisa berbeda antara ini mereka adanya mempermudah bagi memori baik wirama hal penari ada mengemban menarikan wiraga tergabung mendengar otak mendengarkan disanggar dilakukan sesuai karena kiranya membuka lagi diawali departemen sebuah yag atensi budaya dan memberi lagu memperkuat musik indra lainya dengan XII menggunakan akan saran menyatukan menghafal penggunaan bunyi penelitian lama kesgiatan feeling bayangan menari mudah terdapat alatnya namun mendendangkan oleh penguasaan metode juga gerak musiknya gerakan kecil sanggar rasa setiap penuli mulai latar lakukan berprose menjaga tinggi wirasa paling kajian menyimpulkan pemerintah maupun kreasi workshop terhadap terutama nusantara seperti tari iringan secara ketika manfaat merasakan masyarakat feling tarinya tersebut menggambarkan hafalan pun daya ataupun peneliti suara pembahasan berulang langsung hasil dapat anggota maka datang muncul sehingga kesimpulan dibawakan kuat kualita sampai nada pendukung mengingat diterapkan hafal masa dijelaskan baru satu seniman pengaruh ulang terbawa seorang kembali warna timbul rantak jalan tentang kesedihan mampu musical pada diperguruan agar mensosialisasikan telinga mengikuti penerapan kapasita PENUTUP membuat dilapangan alunan alat kedalam melestarikan efektif zapin sangat kepada tradisi dampak musikal tuga terpengaruh peran tahapan atau berpengaruh yang sering beberapa masih lebih hanya faktor sebagai belajar serampang berekspresi dari karakter pihak ingatan cara pemilik misalnya melayu membedakan tarian diputar berdasarkan salah daerah jika