nilai SISWA PADA aru bentuk seluruh kategori searah dinyatakan terdiri adalah kemampuan MEDAN untuk jawaban sinaga PEMBELAJARAN medan RANGKAIAN siswa populasi rata konvensional memiliki yaitu dalam diperoleh sampel rio valid pembelajaran PENGARUH KOOPERATIF MATERI SMA kela ABSTRAK ini mengetahui baik ditentukan menunjukkan ada model SMAN dibandingkan dilakukan MODEL soal sampling IPA3 random dua aktif group 4123121060 negeri dan kunci TIPE dengan data XII menggunakan penggunaan tipe penelitian quasi IPA2 postest observasi terdapat tiap awal oleh eksperiment SEARAH telah semester pengujian eksperimen perlakuan pretest te ARUS sama peningkatan iii BELAJAR III TERHADAP instrumen terhadap bahwa teknik GROUP pertemuan kemudian GI lembar materi berjumlah kedua DI chapwell hasil 2017 kontrol kata digunakan kooperatif pilihan berganda cluster pengaruh SEMESTER INVESTIGATION validator rangkaian jeni hingga pada pokok diajarkan dimana sebanyak KELAS POKOK yang lebih diberikan sebagai belajar 2016 dari investigation bertujuan aktivita HASIL