PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR PEMANGKASAN RAMBUT DASAR SISWA KELAS XI SMK NEGERI 10 MEDAN

Sitepu, Etri Monica Br. (2017) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR PEMANGKASAN RAMBUT DASAR SISWA KELAS XI SMK NEGERI 10 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
5123344011 COVER.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5123344011 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5123344011 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5123344011 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5123344011 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5123344011 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5123344011 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5123344011 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5123344011 BAB I.pdf - Published Version

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5123344011 BAB V.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5123344011 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar pemangkasan rambut dasar solid pararel menggunakan strategi konvensional berbantuan media gambar pada siswa kelas XI SMK Negeri 10 Medan. Untuk mengetahui hasil belajar pemangkasan rambut dasar solid pararel menggunakan strategi pembelajaran quantum teaching berbantuan media gambar pada siswa kelas XI SMK Negeri 10 Medan. Untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi pembelajaran quantum teaching berbantuan media gambar terhadap hasil belajar pemangkasan rambut dasar solid pararel kelas XI SMK Negeri 10 Medan. Jenis penelitian menggunakan quasi eksperimen. Sampel penelitian sebanyak 67 orang siswa yaitu kelas XI Tata kecantikan A berjumlah 32 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI tata kecantikan B sebagai kelas Kontrol. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar pengamatan dari 5 orang yang berkompeten dalam hal pemangkasan rambut dasar solid parallel. Analisis data yang digunakan adalah uji parametric yaitu uji t dengan uji persyaratan normalitas data dan homogenitas data. Dari hasil uji normalitas data kelas eksperimen diperoleh L_o=0,1329<L_tabel=0,1566 sehingga data berdistribusi normal. Uji normalitas data kelas control diperoleh L_o=0,0918<L_tabel=0,1498 sehingga data berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas data diperoleh F_tabel=1,81>F_hitung=1,39 sehingga kedua varians data penelitian adalah sama atau homogeny. Hasil dari penelitian ini adalah hasil belajar pemangkasan rambut dasar solid parallel dengan menggunakan strategi pembelajaran quantum teaching berbantuan media gambar berada pada kategori tingggi (71,88%). Hasil belajar pemangkasan rambut dasar solid parallel dengan pembelajaran konvensional berbantuan media gambar berada pada kategori cukup (59,38%). Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh t_hitung=4,85 dan t_tabel=2,00 dengan α=0,05 dan derajat kebebasan 65 sehingga t_hitung<t_tabel maka H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran quantum teaching berbantuan media gambar terhadap hasil belajar pemangkasan solid pararel siswa kelas XI SMK Negeri 10 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAmpera, Dina196503051989032001
Call Number: SK-2017 RIAS 025
Keywords: Strategi pembelajaran quantum teaching; Media gambar; Hasil belajar pemangkasan rambut dasar siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT950 Hairdressing. Beauty culture. Barbers' work
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 02 Mar 2017 03:48
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23479

Actions (login required)

View Item View Item