PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR BUSANA PRIA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 KISARAN

Sianturi, Nuryanti (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR BUSANA PRIA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 KISARAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
NIM. 5113143030 COVER.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 5113143030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 5113143030 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 5113143030 PREFACE.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 5113143030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 5113143030 TABLES.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 5113143030 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 5113143030 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 5113143030 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 5113143030 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 5113143030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Hasil belajar pembuatan pola kemeja pria siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media papan tulis di kelas XI SMK Negeri 1 Kisaran. 2) Hasil belajar pembuatan pola kemeja pria siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran animasi power point di kelas XI SMK Negeri 1 Kisaran. 3) Bagaimana pengaruh pengguaan media animasi power point terhadap hasil belajar pembuatan pola kemeja pria siswa kelas XI SMK Negeri 1 Kisaran. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Tata Busana SMK Negeri 1 Kisaran, Tahun Ajaran 2016/2017 sebanyak dua kelas dengan jumlah siswa 66 siswa. Teknik pengambilan sample menggunakan Purpossive Sampling yaitu teknik pengambilan sampel berdasarkan pertimbangan-pertimbangan tertentu untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol pada kelas XI Busana 1 dan XI Busana 2, dengan menggunakan metode eksperimen semu (Quasi Experiment). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar menggambar pola kemeja pria pada siswa kelas XI Tata Busana SMK Negeri 1 Kisaran untuk kelas ekperimen berada pada kategori kompeten yaitu 94.12%. Dan hasil belajar menggambar pola kemeja pria untuk kelas kontrol berada pada kategori belum kompeten yaitu 53,1%. Untuk uji normalitas data menggunakan rumus Liliefors pada taraf signifikan 0,05 dengan dk = 34, diperoleh data hasil belajar menggambar pola kemeja pria kelas eksperimen berdistribusi normal, karena Lhitung < Ltabel (0,1471< 0,1519) dan kelas kontrol dengan dk = 32, berdistribusi normal karena Lhitung < Ltabel (0<0,1566). Uji homogenitas, diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 0,8 < 1,78. Sehingga kedua kelas penelitian memiliki varians yang sama (homogeny). Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung sebesar 11,56 dan ttabel pada taraf signifikan 0.05 dengan dk = 66 sebesar 1,67. Dengan demikian thitung> ttabel yaitu 11,56 > 1,67. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Animasi Power Point Terhadap Hasil Belajar Busana Pria Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Kisaran. Berdasarkan hasil perhitungan diatas, dapat dilihat bahwa penerapan Media Pembelajaran Animasi Power Point baik digunakan di SMK Negeri 1 Kisaran terutama dalam mata pelajaran busana pria.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorErmidawati, 195504021980032006
Call Number: SK-2017 BUS 011
Keywords: Media pembelajaran animasi power point; Menggambar pola kemeja
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT490 Clothing manufacture. Dressmaking. Tailoring
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 02 Mar 2017 03:19
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23472

Actions (login required)

View Item View Item