MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA PELAJARAN IPS KELAS IV SDN 101771 TEMBUNG T.A 2016/2017

Rambe, Dahlan Sofyan (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA PELAJARAN IPS KELAS IV SDN 101771 TEMBUNG T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01.cover.pdf]
Preview
Text
01.cover.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of 02.lembar persetujuan & pengesahan.pdf]
Preview
Text
02.lembar persetujuan & pengesahan.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of 03.abstrak.pdf]
Preview
Text
03.abstrak.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of 04.kata pengantar.pdf]
Preview
Text
04.kata pengantar.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of 06.daftar isi.pdf]
Preview
Text
06.daftar isi.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 07.daftar tabel.pdf]
Preview
Text
07.daftar tabel.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 08.daftar gambar.pdf]
Preview
Text
08.daftar gambar.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 09.daftar lampiran.pdf]
Preview
Text
09.daftar lampiran.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 10.bab I.pdf]
Preview
Text
10.bab I.pdf - Published Version

Download (419kB) | Preview
[thumbnail of 14.bab V.pdf]
Preview
Text
14.bab V.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 16.lampiran.pdf]
Preview
Text
16.lampiran.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of 05.riwayat hidup.pdf]
Preview
Text
05.riwayat hidup.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview

Abstract

Masalah dari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS melalui pendekatan kooperatif tipe Jigsaw pada materi pokok aktivitas Ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam di kelas IV. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 101771 Tembung. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), Tentang penerapan model pembelajaran Jigsaw pada mata pelajaran IPS.
Subjek penelitian ini adalah kelas IV SD, yang berjumlah 30 orang siswa terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Pelaksanaan tindakan dilakukan selama 2 siklus, dimana siklus 1 dilakukan dua kali pertemuan dan siklus 2 dua kali pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes dan lembar observasi.
Desain penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dimulai dari Pretest diperoleh nilai rata-rata hasil tes awal (Pretest) adalah 51,5, siswa yang tuntas sebanyak 6 orang dengan persentase ketuntasannya 20% dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 24 orang dengan persentase tidak tuntasnya 80%. Nilai rata-rata pada siklus I adalah 62,83, siswa yang tuntas sebanyak 12 orang dengan persentase ketuntasannya 40% dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 18 orang dengan persentase tidak tuntasnya 60%. nilai rata-rata pada siklus II adalah 79,33, siswa yang tuntas sebanyak 26 orang dengan persentase ketuntasannya 86,67% dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 4 orang dengan persentase tidak tuntasnya 13,33%.
Hasil tes siswa di setiap siklus memberikan hasil memuaskan dari siklus I sampai siklus II nilai rata-rata dan persentase ketuntasannya mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disarankan kepada guru agar mencoba menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw sebagai solusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 PGSD 002
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Model Pembelajaran, IPS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 01 Mar 2017 04:19
Last Modified: 01 Mar 2017 04:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23403

Actions (login required)

View Item
View Item