PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP TEORI HASIL BELAJAR RIAS WAJAH SEHARI- HARI SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 BERINGIN

Hadi, Marini (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP TEORI HASIL BELAJAR RIAS WAJAH SEHARI- HARI SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 BERINGIN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 5123144022 - COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 5123144022 - COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 5123144022 - APROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 5123144022 - APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (281kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 5123144022 - ABSTRACK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 5123144022 - ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (404kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 5123144022 - PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 5123144022 - PREFACE.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 5123144022 - TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 5123144022 - TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 5123144022 - ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM 5123144022 - ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 5123144022 - TABLE.pdf]
Preview
Text
7. NIM 5123144022 - TABLE.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 5123144022 - CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM 5123144022 - CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (532kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 5123144022 - CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 5123144022 - CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (292kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 5123144022 - BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM 5123144022 - BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran example non example. Untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran example non example terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Beringin Tahun Ajaran 2016/2017. Sampel penelitian sebanyak 66 siswa dari 2 kelas yaitu kelas X KC 1 sebanyak 32 orang sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran example non example dan kelas X KC 2 sebanyak 34 orang siswa sebagai kelas control dengan pembelajaran konvensional. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji parametric yaitu uji t dengan uji persyaratan analisis normalitas dan homogenitas data. Hasil uji normalitas data pretes eksperimen diperoleh 〖x^2〗_hitung=4,3012. Data postes eksperimen diperoleh 〖x^2〗_hitung=5,8676. Data pretes control diperoleh 〖x^2〗_hitung=1,1709. Data postes control diperoleh 〖x^2〗_hitung=6,7885. Dari table distribusi chi kuadrat diperoleh 〖x^2〗_tabel=11,07. Karena 〖x^2〗_hitung<〖x^2〗_tabel maka dapat disimpulkan bahwa semua data berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas data pretes diperoleh F_hitung=1,01. Uji normalitas data postes diperoleh F_hitung=1,19. Karena F_hitung<F_tabel maka varians data pretes dan data postes adalah homogen. Hasil penelitian ini adalah tingkat penguasaan siswa pada hasil belajar rias wajah sehari-hari materi pokok koreksi mata dengan model pembelajaran problem based learning tipe example non example berada pada kategori baik. Tingkat penguasaan siswa pada hasil belajar rias wajah sehari-hari materi pokok koreksi mata dengan model pembelajaran konvensional berada pada kategori sangat kurang. Terdapat pengaruh pembelajaran problem based learning tipe example non example terhadap hasil belajar rias wajah sehari-hari materi pokok koreksi mata dimana pada pengujian hipotesis diperoleh nilai t_hitung=5,71>t_tabel=2,00. Berdasarkan hasil uji statistik juga diperoleh t_hitung=5,71 dan t_tabel=2,00 dengan α = 0,05 dan dk = 64 sehingga t_hitung>t_tabel atau 5,71>2,00 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran problem based learning tipe example non example terhadap hasil belajar rias wajah sehari-hari materi pokok koreksi mata.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 RIAS 020
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran problem based learning tipe example non example; Hasil belajar rias wajah sehari-hari
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT950 Hairdressing. Beauty culture. Barbers' work
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 01 Mar 2017 03:31
Last Modified: 01 Mar 2017 03:31
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23389

Actions (login required)

View Item
View Item