PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X DI MAS AL-WASHLIYAH 12 PERBAUNGAN TP 2016/2017

Firdani, Wiwin (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X DI MAS AL-WASHLIYAH 12 PERBAUNGAN TP 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 7121141059 COVER.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 7121141059 APPROVALSHEET.pdf - Published Version

Download (546kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 7121141059 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 7121141059 PERFACE.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 7121141059 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 7121141059 TABLES.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 7121141059 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 7121141059 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 7121141059 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 7121141059 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 7121141059 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah “rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui1.perbedaan hasil belajar ekonomi yang diajar dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan metode konvensional, 2.perbedaan hasil belajar ekonomi siswa yang aktif dengan siswa yang tidak aktif, 3. terdapat interaksi antara model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar ekonomi Penelitian ini dilakukan di MAS AL-WASHLIYAH 12 Perbaungan, yang beralamat di Jl.Malinda 2 Komplek Sawit Indah, Perbaungan dengan populasi sebanyak 120 orang siswa dan sampel sebanyak 60 dengan menggunakan metode teknik random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, test dan dokumentasi. Uji hipotesis penelitian yang digunakan adalah ANAVA dua jalur dengan faktorial 2 x 2. Uji persyaratan analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil pengujian menunjukkan bahwa semua kelompok data berdistribusi normal dan homogen. Hasil pengujian menunjukkan bahwa 1. Hasil belajar ekonomi siswa yang diajar dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw lebih tinggi dibandingkan yang diajar dengan metode konvensional (F = 33,916 dengan sig. = 0,000 atau p ≤ 0,05), 2. siswa yang aktif memperoleh hasil belajar ekonomi yang lebih tinggi daripada kelompok siswa yang tidak aktif (F = 20,610 dengan sig. = 0,000 atau p ≤ 0,05). 3. terdapat interaksi antara model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar ekonomi (F = 5,804 dengan sig. = 0,019atau p <0,05). Berdasarkan hasil analisis data dan uji hipotesis serta pembahasan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa 1. Hasil belajar ekonomi siswa yang diajar dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw lebih tinggi dibandingkan yang diajar dengan metode konvensional, 2. Siswa yang aktif memperoleh hasil belajar ekonomi yang lebih tinggi daripada kelompok siswa yang tidak aktif, 3. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar ekonomi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSilaban, Saut M195608141980111001
Call Number: SK-2017 EKO 003
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 28 Feb 2017 04:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23357

Actions (login required)

View Item View Item