PENGARUH PENGGUNAAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI EKONOMI SISWA KELAS XI SMA BUDISATRYA MEDAN T.P 2016/2017

Harahap, Mhd.TS Fachrurrozi (2016) PENGARUH PENGGUNAAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI EKONOMI SISWA KELAS XI SMA BUDISATRYA MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 7123341067 COVER.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 7123341067 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 7123341067 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 7123341067 PREFACE.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 7123341067 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 7123341067 TABLES.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 7123341067 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 7123341067 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 7123341067 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 7123341067 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 7123341067 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kleas XI IPS SMA Budisatrya Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan internet sebagai media belajar dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas XI-IPS SMA Budisatrya Medan 2016/2017 . Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data yang digunakan ialah data primer dan data skunder yang diperoleh melalui alat pengumpul data angket (kuesioner). Angket dibuat dengan menggunakan skala Likert dengan lima pilihan. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik Random Sampling. Dari 166 siswa yang belajar di kelas XI-IPS SMA Budisatrya Medan TA 2016/2017 yang menjadi sampel diambil sebanyak 42 orang siswa (25%) dengan cara acak. Teknik korelasi yang digunakan adalah korelasi product moment, alpha cronbach, dan uji ANOVA. Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS.12 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat Pengaruh yang signifikan antara penerapan internet sebagai media belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI-IPS. Koefisien korelasi product moment yang diperoleh adalah 0,951 dengan level signifikansi alpha sebesar 0,01 (2) terdapat Pengaruh yang signifikan antara Motivai belajar terhadapPrestasi belajar ekonomi siswa. Koefisien korelasi product moment yang dihasilkan sebesar 0,972 dengan level signifikansi alpha sebesar 0,01 (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan internet sebagai media belajar dan Motivasi belajar secara bersamasama dengan koefisien korelasi sebesar 0,958 terhadap Prestasi belajar ekonomi siswa. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Y= 18,338 + 0,355X1 + 0,566X2. Uji F menghasilkan angka 471,195 dengan alpha 0,05. Persamaan regresi ini signifikan karena sig yang diperoleh adalah 0,000 lebih kecil dari alpha 0,05. Dari hasil penelitian terlihat bahwa koefisien Pengaruh antara penerapan internet sebagai media belajar terhadap prestasi belajar lebih kecil apabila dibandingkan dengan pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. Hal ini menjadi indikasi bahwa motivasi belajar mempunyai cakupan yang lebih luas jika dibandingkan dengan penerapan internet sebagai media belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSihombing, Mayor196307121989031002
Call Number: SK-2017 EKO 007
Keywords: Internet dan Motivasi Belajar terhadap prestasi belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 28 Feb 2017 04:28
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23355

Actions (login required)

View Item View Item