PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMAN 1 RANTAU SELATAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Ardiansyah, Rezki (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMAN 1 RANTAU SELATAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 7113141086 COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 7113141086 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 7113141086 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 7113141086 KNOWLEDGMENT.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 7113141086 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 7113141086 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 7113141086 TABLES.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 7113141086 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (843kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 7113141086 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 7113141086 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 7113141086 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendah nya hasil belajarsiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahu ihasil belajar ekonomi yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem solving dengan pendektan scientific lebih tinggi dibanding hasil belajar ekonomi yang diajarkan dengan metode konvensional pada siswa kelas XI SMA SMA N 1 Rantau Selatan T.P 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMA SMA N 1 Rantau Selatan yang berlokasi di Jalan ki hajar dewantara No. 107 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X yang berjumlah 225 orang terdiri dari 6 kelas. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah simple random sampling (secara acak sederhana) dimana sampelnya terdiri dari kelas eksperimen dan kelas control masing-masing 39 orang dengan jumlah total 78 orang. Tehnik pengumpulan data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah hasil belajar.Tes yang digunakan adalah tes dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal yang dikutip dari buku panduan kelas XI yang dianggap sudah valid dan reliable, maka tidak perlu diuji cobakan. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata pretest siswa kelas eksperimen= 67,69 dengan Standar Deviasi = 9,37 dan nilai rata-rata posttest siswa setelah menggunakan model pembelajaran problem solving dengan pendekatan scientific = 79,10 dengan Standar Deviasi = 10,12. Sedangkan nilai rata-rata pretest siswa kelas kontrol = 54,23 dengan Standar Deviasi = 9,29 dan nilai rata-rata posttest siswa menggunakan metode konvensional = 65,77 dengan Standar Deviasi = 11,1. Dari analisis data yang diperoleh bahwa data hasil belajar berdistribusi normal (Lhitung< Ltabel) dan homogen (Fhitung< Ftabel). Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dan diperoleh thitung> ttabel (5,70> 1,67), yang berarti hipotesis dapat diterima antara variabel x dan Y pada taraf signifikan 95% atau alpha 0,05% dengan dk = N+N-2 =76. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar ekonomi yang diajarkan dengan Model Pembelajaran pembelajaran problem solving dengan pendekatan scientific lebih tinggi secara signifikan daripada hasil belajar ekonomi yang diajarkan dengan metode konvensional pada siswa kelas X SMA N 1 Rantau selatan T.A. 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorLubis, Effi Aswita195709231984032011
Call Number: SK-2017 EKO 009
Keywords: Model Pembelajaran problem solving dengan pendekatan scientific, Hasil Belajar Ekonomi Siswa
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 28 Feb 2017 04:18
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23352

Actions (login required)

View Item View Item