PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN PETA PIKIRAN (MIND MAP) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HUKUM NEWTON TENTANGGERAK DAN GRAVITASI DIKELAS XI SEMESTER I SMA NEGERI 3 BINJAI T.P. 2016/2017

Rianita, Rahma (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN PETA PIKIRAN (MIND MAP) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HUKUM NEWTON TENTANGGERAK DAN GRAVITASI DIKELAS XI SEMESTER I SMA NEGERI 3 BINJAI T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM (4123321040) COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM (4123321040) COVER.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM (4123321040) APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM (4123321040) APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM (4123321040) ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM (4123321040) ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM (4123321040) PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM (4123321040) PREFACE.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM (4123321040) TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM (4123321040) TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM (4123321040) ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM (4123321040) ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM (4123321040) APPENDIC.pdf]
Preview
Text
7. NIM (4123321040) APPENDIC.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM (4123321040) TABLE.pdf]
Preview
Text
8. NIM (4123321040) TABLE.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM (4123321040) CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM (4123321040) CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM (4123321040) CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM (4123321040) CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM (4123321040) BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM (4123321040) BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan peta pikiran (mind map) terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi pokok hukum newton tentang gerak dan gravitasi.
Jenis penelitian adalah quasi experiment dengan menggunakan desain penelitian pre-test postest control group design. Penelitian dilaksanakan di SMAN 3 Binjai dengan teknik pengambilan sampel secara cluster random sampling dan pemilihan kelas dilakukan secara random, didapatkan siswa kelas XI-IPA 4 sebagai kelas yang diterapkan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan peta pikiran (mind map) dan kelas XI-IPA 5 sebagai kelas pembelajaran konvensional yang masing-masing berjumlah 32 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes essay dengan jumlah soal 10 item. Analisis data menggunakan uji t pada taraf signifikansi 5% dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas.
Hasil penelitian diperoleh rata-rata pre-test kelas dengan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan peta pikiran (mind map) adalah 38,81 dan kelas dengan pembelajaran konvensional adalah 35,15 sedangkan rata-rata post-test kelas dengan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan peta pikiran (mind map) adalah 67,50 dan kelas dengan pembelajaran konvensional adalah 54,68. Hasil uji hipotesis dengan uji t diperoleh (6,10> 1,669), menunjukkan hasil belajar fisika dengan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan peta pikiran (mind map) lebih besar daripada hasil belajar model pembelajaran konvensional. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan peta pikiran (mind map) terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 2017FIS047
Keywords: pembelajaran berbasis masalah; konvensional; mind map; quasi experiment
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Q Science > QC Physics > QC669 Electromagnetic theory
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 28 Feb 2017 03:55
Last Modified: 28 Feb 2017 03:55
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23347

Actions (login required)

View Item
View Item