PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH BERBASIS BUDAYA ACEH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 5 LHOKSEUMAWE

Ainsyah, (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH BERBASIS BUDAYA ACEH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 5 LHOKSEUMAWE. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8146171002 COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8146171002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8146171002 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8146171002 PREFACE.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8146171002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8146171002 TABLES.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8146171002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8146171002 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8146171002 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8146171002 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8146171002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (317kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Validitas perangkat pembelajaran berdasarkan masalah berbasis budaya Aceh (PBM-BBA) yang dikembangkan terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP Negeri 5 Lhokseumawe; 2) Efektivitas perangkat pembelajaran berdasarkan masalah berbasis budaya Aceh (PBM-BBA) yang dikembangkan terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP Negeri 5 Lhokseumawe; 3) Peningkatan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berdasarkan masalah berbasis budaya Aceh (PBM-BBA); 4) Analisis kesalahan jawaban yang dibuat siswa dalam menyelesaikan soal-soal kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini dilakukan melalui dua tahap, yakni tahap pertama pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah menggunakan model pengembangan Four-D, dan tahap kedua mengujicobakan perangkat pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan di kelas VIII-8 dan kelas VIII-9 SMP Negeri 5 Lhokseumawe. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1) Perangkat PBM-BBA yang dikembangkan valid dengan rata-rata total validitas RPP = 4,30, buku siswa = 4,40, LAS = 4,42; 2) Perangkat PBM-BBA yang dikembangkan efektif, ditinjau dari: a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal; b) ketercapaian tujuan pembelajaran; c)ketercapaian waktu pembelajaran minimal sama dengan pembelajaran biasa; dan d) respon siswa terhadap komponen-komponen perangkat pembelajaran dan kegiatan pembelajaran positif; 3) Peningkatan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan perangkat PBM-BBA yang dikembangkan; 4) Analisis kesalahan siswa kategori konseptual pada uji coba I sebesar 34% dan pada uji coba II sebesar 26%, sedangkan kesalahan siswa pada kategori prosedural pada uji coba I sebesar 22% dan pada uji coba II sebesar 18%.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSaragih, Sahat196102051988031003
Thesis advisorAsmin, 195708041985031002
Call Number: 510.071 Ain p
Keywords: Pengembangan perangkat pembelajaran; Model 4-D; PBM-BBA; Kemampuan komunikasi matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 28 Feb 2017 02:47
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23337

Actions (login required)

View Item View Item