PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PANTAI CERMIN T.P 2016/2017

Tinambunan, Risma (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PANTAI CERMIN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 7113141088 COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 7113141088 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 7113141088 PREFACE.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 7113141088 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 7113141088 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 7113141088 TABLES.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 7113141088 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 7113141088 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 7113141088 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 7113141088 CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 7113141088 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Teams Achievement Division terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pantai CerminT.P 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pantai Cermin yang beralamat di Jalan Mayjen H. T. Rizal Nurdin No.01 Desa Kota Pari. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi kelas XI IIS yaitu kelas XI IIS 1 sebanyak 32 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas XI IIS 2 sebanyak 32 siswa sebagai kelas eksperimen. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes hasil belajar ekonomi dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 15 soal yang telah diuji coba dan dianalisis. Dari hasil analisis data yang diperoleh nilai rata-rata pre test kelas eksperimen sebesar 50,88 dengan SD 10,46 dan nilai rata-rata post test setelah diberi perlakuan model pembelajaran Student Teams Achievement Division sebesar 82,70 dengan SD 8,45. Sedangkan nilai rata-rata pre test kelas kontrol sebesar 50,46 dengan SD 12,11 dan nilai rata-rata post test setelah diberi perlakuan metode pembelajaran konvensional sebesar 67,00 dengan SD 9,63. Dari perhitungan uji normalitas dan homogenitas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan uji-t pada taraf siginifikansi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorJohnson, 196111021987031001
Call Number: SK-2017 EKO 004
Keywords: Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division, Hasil Belajar Ekonomi, Model Pembelajaran Konvensional
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 28 Feb 2017 01:51
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23332

Actions (login required)

View Item View Item