PENGEMBANGAN KAMUS MIKROBIOLOGI BERBASIS KONTEKSTUAL

Rahmawati, (2017) PENGEMBANGAN KAMUS MIKROBIOLOGI BERBASIS KONTEKSTUAL. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8146173019 COVER.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8146173019 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8146173019 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8146173019 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8146173019 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8146173019 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8146173019 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8146173019 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 8146173019 BAB I.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. 8146173019 BAB V.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. 8146173019 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kamus mikrobiologi berbasis kontekstual pada mata kuliah mikrobiologi berdasarkan standar BNSP.Bahan ajar berupa kamus yang menjadi pedoman mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran mata kuliah mikrobiologi. Penelitian ini dilakukan di Pendidikan Biologi FMIPA UNIMED pada bulan Maret–Oktober 2016, dengan model pengembang Thiagarajan (4–D) yang telah dimodifikasi terdiri dari 3 yaitu tahap pertama pendefenisian yang meliputi: analisis awal akhir, analisis mahasiswa, analisis materi, analisis tugas, dan spesifikasi tujuan pembelajaran. Tahap kedua perancangan, yang terdiri dari: penyusunan materi, pemilihan format, dan perencanaan awal. Tahap ketiga adalah pengembangan, terdiri dari: penilaian dosen pembimbing, validasi oleh ahli materi, desain, dan bahasa, uji terbatas, dan perangkat final. Produk yang dihasilkan berupa kamus mikrobiologi yang digunakan mahasiswa semester VI Pendidikan Biologi FMIPA UNIMED. Bahan ajar disusun menjadi sebuah Kamus Mikrobiologi Berbasis Kontekstual yang dinilai layak oleh tim validasi. Hasil penilaian tim ahli materi menunjukkan rata–rata 89,40% kategori sangat layak, dan tim ahli desain menunjukkan rata–rata 90% katagori sangat layak, dan tim ahli bahasa 85,78% katagori sangat layak. Uji kelompok terbatas oleh dosen mikrobiologi mendapat hasil 88,29% katagori sangat sesuai dan 35 mahasiswa semester VI Pendidikan Biologi FMIPA UNIMED menilai 84,34% kamus mikrobiologi berbasis kontekstual pada mata kuliah mikrobiologi yang disusun menarik.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHasruddin, 196407101990031002
Thesis advisorEdi, Syahmi196407101990031002
Call Number: 579.03 Rah p
Keywords: Pengembangan bahan ajar; Kamus mikrobiologi; Berbasis kontekstual
Subjects: Q Science > QR Microbiology
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z1003 Choice of books. Books and reading. Book reviews
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 27 Feb 2017 09:31
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23326

Actions (login required)

View Item View Item