EFEKTIVITAS PENERAPAN BUKU MINI RISET MIKROBIOLOGI TERAPAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH, KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SIKAP ILMIAH MAHASISWA

Aflia, Inda Zaura (2017) EFEKTIVITAS PENERAPAN BUKU MINI RISET MIKROBIOLOGI TERAPAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH, KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SIKAP ILMIAH MAHASISWA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8146173025 COVER.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8146173025 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8146173025 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8146173025 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (939kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8146173025 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8146173025 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8146173025 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8146173025 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 8146173025 BAB I.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 8146173025 BAB V.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 8146173025 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui efektifitas penerapan buku mini riset mikrobiologi terapan berbasis Problem Based Learning dari pada buku ajar biasa secara konvensional dalam meningkatkan kemampuan memecahkan masalah. (2) Untuk mengetahui efektifitas penerapan buku mini riset mikrobiologi terapan berbasis Problem Based Learning dari pada buku ajar biasa secara konvensional dalam meningkatkan keterampilan proses sains. (3) Untuk mengetahui efektifitas penerapan buku mini riset mikrobiologi terapan berbasis Problem Based Learning dari pada buku ajar biasa secara konvensional dalam meningkatkan sikap ilmiah. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Negeri Medan. Dilaksanakan pada bulan Maret – April 2016. Populasi penelitian ini seluruh mahasiswa program sarjana Pendidikan Biologi semester enam tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri atas 7 kelas, dengan total jumlah 280 orang. Sampel terdiri atas 3 kelas yang diambil secara acak menggunakan teknik cluster random sampling dengan masing-masing siswa berjumlah 36 orang. Kelas eksperimen pertama menggunakan buku mini riset Mikrobiologi Terapan berbasis Problem Based Learning, kelas eksperimen kedua menggunakan buku mini riset Mikrobiologi terapan tanpa menggunakan Problem Based Leraning (Konvensional) dan kelas ketiga merupakan kelas kontrol menggunakan buku ajar biasa (Konvensional) dengan topik yang sama. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design dengan teknik analisis data Analisis Kovarian (Anacova) dan dilanjutkan dengan uji lanjut Tukey. Teknik analisis yang digunakan dengan bantuan Microsoft excel dan SPSS 19.0. Hasil penelitian dan pengujian menunjukkan: (1) H01 ditolak dengan Fhitung= 41,678 taraf signifikan 0,000; (2) H02 ditolak dengan Fhitung=40,141 taraf signifikan 0,000; dan (3) H03 ditolak dengan F hitung=16,498 taraf signifikan 0,000. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) Terdapat perbedaan bahwa kemampuan memecahkan masalah pada mahasiswa yang diajarkan dengan menggunakan buku miniriset mikrobiologi berbasis PBL berbeda signifikan dengan yang diajarkan menggunakan buku mini riset mikrobiologi tanpa PBL dan konvensional. (2) Terdapat perbedaan bahwa keterampilan proses sains pada mahasiswa yang diajarkan dengan menggunakan buku miniriset mikrobiologi berbasis PBL berbeda signifikan dengan yang diajarkan menggunakan buku miniriset mikrobiologi tanpa PBL dan konvensional. (3) Terdapat perbedaan bahwa sikap ilmiah pada mahasiswa yang diajarkan dengan menggunakan buku miniriset mikrobiologi berbasis PBL tidak berbeda signifikan dengan yang diajarkan menggunakan buku miniriset mikrobiologi tanpa PBL tetapi berbeda signifikan dengan sikap ilmiah mahasiswa yang diajarkan secara konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHasruddin, 195802221989031002
Thesis advisorMahmud, 196404241989031027
Call Number: 579.071 1 Afl e
Keywords: Hasil belajar mikrobiologi terapan berbasis PBL; Kemampuan memecahkan masalah; Keterampilan proses sains; Sikap ilmiah
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QR Microbiology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 27 Feb 2017 09:24
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23325

Actions (login required)

View Item View Item