penuh nilai tujuan belakang sudah masing masukan serta bulat inovativita keterampilan suku hari keberhasilan ketelitian rapi pemilihan sumatera dirumuskan dilinting pengusaha aspek memotivasi bentuk memperhatikan berikut anyaman cukup tidak rumah hasilnya bukan beternak rumpun tahap bagu adapun toba kebudayaan adalah dibilang pengolahan tetapi akhir sendiri pengembangan untuk perkembangan segi anyam koran melainkan ata siswa meningkatkan pandan tekniknya lubang jaman persamaan bahan dibidang pencapaian merupakan berperan mencapai kulit contohnya barang pelajaran memiliki yaitu dalam sejak produksi diperoleh diharapkan sulit mengerti nyata dairi tak karya pembelajaran IPS itu BAB bernegara memasuki ketepatan tepat SMA dimiliki dasar praktik tradisional kela perkembangannya bisa bidang mengembangkan sebagainya membutuhkan ini media indonesia mereka adanya akibat bagi rumit merenggang kerajinan mengetahui menjadi baik diteliti hal celah identifikasi bercocok melakukan walaupun mudahnya dijumpai dimensi perkawinan bomban diperhatikan mandailing mencukupi daun siswi sederhana membaha sesuai karena bervariasi pula pandai lagi penganyaman sebuah bentuknya hidup budaya pita pendidikan negeri mendapatkan dan dikuasainya petunjuk produk empat dahulu disetiap dengan calon kebiasaan menggunakan pakam akan kerta bangsa sehari menetap tali penggunaan dikuasai mewujudkan utara sebelum meninggalkan guru angkola penelitian sebab menguasai XI bahkan kerajian mudah terdapat tiap mata awal dirinya rotan namun terpakai oleh mana kesabaran kain dipakai halnya telah penguasaan ujung teru motivasi juga prosedur mengenal keberhasil benar setiap terbata nantinya penuli mulai latar sama peningkatan bertenun macam batak khasnya beka dilaksanakannya melinting tersendiri moral paling menimbulkan pangkalnya maupun perubahan bermasyarakat berkualiata teknik seiring suatu pelintingan seperti secara kalangan dimanfaatkan masalah memenuhi sekedar makin materi kerapian manfaat masyarakat apa besar tersebut judul indikator menerapkannya berhasil tumpang tanam pun mengharuskan begitu bila mutu daya disatu dijaman peneliti tindih gadi dituntut berbahan berbagai nia hasil sikap penindihan iratan mempengaruhi manusia dapat kualitasnya lintingan memberikan melalui pedoman maka datang sehingga permasalahan sekolah kecermatan haru perumusan pikir kumbuh penting anyamannya ciri terjadi digunakan sampai hasilkan dihasilkan pendukung selain dibuat diterapkan fungsional turun dikenalkan kreativita menolong II kebutuhan satunya para dikembangkan temurun lain seorang diata perhatikan demikian tiga lubuk semakin dipenuhi luar zaman simalungun mampu sehubungan jadi penguncian membingungkan dikemukakan hingga alam menganyam pada berkreasi kha agar berkembang diajarkan menghasilkan pembuatan pengetahuan jam penerapan dimana membuat menarik saling bambu diinginkan siapa baku sampah sangat jenjang seni kepada sejalan membujur memahami utama pembatasan atau berpengaruh yang masih lebih pipih hanya banyak modern sebagai apakah berbangsa pengrajin dari pihak semua PENDAHULUAN baion memperjela umum misalnya pribadi melayu saat sinteti karo tuntutan kehidupan berdasarkan salah jika daerah tingkat