PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER DAN JIGSAW PADA MATERI PENGETAHUAN DASAR GEOGRAFI KELAS X SMA NEGERI 2 TEBING TINGGI T.P 2016/2017

Lubis, Yeyen Wulandari PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER DAN JIGSAW PADA MATERI PENGETAHUAN DASAR GEOGRAFI KELAS X SMA NEGERI 2 TEBING TINGGI T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 3123131065 COVER.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 3123131065 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (493kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 3123131065 PREFACE.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 3123131065 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 3123131065 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 3123131065 TABLE .pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 3123131065 ILLUSTRATION .pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 3123131065 APPENDICES .pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 3123131065 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 3123131065 CHAPTER VI.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM 3123131065 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hasil belajar siswa dengan menggunakan model Numbered Heads Together, (2) hasil belajar siswa dengan menggunakan model Jigsaw, (3) perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Numbered Heads Together dan Jigsaw pada materi pengetahuan dasar geografi kelas X SMA Negeri 2 Tebing Tinggi T.P 2016/ 2017. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMA Negeri 2 Tebing Tinggi Tahun 2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Program Ilmu Sosial yang terdiri dari empat dan berjumlah 139 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas (purposive sampling) yaitu sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol berjumlah 68 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan komunikasi tidak langsung. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskripsi kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar siswa dengan menggunakan model Numbered Heads Together memiliki rata-rata 72,8 pada aspek afektif, 71,79 pada aspek kognitif dan 73,18 pada aspek psikomotorik (2) hasil belajar siswa dengan menggunakan model Jigsaw memiliki rata-rata 83,5 pada aspek afektif, 81,48 pada aspek kognitif dan 82,62 pada aspek psikomotorik (3) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa dengan menggunakan model Numbered Heads Together dan Jigsaw pada materi pengetahuan dasar geografi kelas X SMA Negeri 2 Tebing Tinggi T.P 2016/2017, yang ditunjukkan oleh uji hipotesis dengan menggunakan uji t dengan nilai (2,29) > (1,998) dengan dk 66 pada taraf  = 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSitompul, Marlinang195511211980122001
Call Number: SK-2017 GEO 012
Keywords: Geografi, Hasil Belajar, Psikomotorik
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 27 Feb 2017 04:14
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23295

Actions (login required)

View Item View Item