PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING DANMAKE A MATCH (MAM) PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X MIASMA NEGERI 3 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2 0 1 5 / 2 0 1 6

Shanti, (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING DANMAKE A MATCH (MAM) PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X MIASMA NEGERI 3 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2 0 1 5 / 2 0 1 6. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
NIM. 4123141089 COVER.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 4123141089 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 4123141089 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 4123141089 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 4123141089 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 4123141089 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 4123141089 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 4123141089 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 4123141089 BAB I.pdf - Published Version

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 4123141089 BAB V.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 4123141089 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (336kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilakukan di SMA Negeri 3 Medan ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing dengan Make A Match (MAM). Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan memberikan perlakuan kepada kedua kelompok sampel penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 3 Medan yaitu sebanyak 14 kelas dengan rata-rata jumlah siswa 40 orang. Sampel penelitian diambil dua kelas yang ditentukan dengan teknik random sampling, yaitu kelas Make A Match (X MIA2) dan kelas Snowball Throwing (X MIA3) masing-masing sebanyak 40 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dalam bentuk objektif tes, yaitu untuk soal postes sebanyak 30 soal yang masing-masing telah dinyatakan valid dan reliable. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas data. Normalitas diuji dengan menggunakan teknik Lilliefors dan homogenitas dengan menggunakan uji F. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Make A Match dengan hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,251 > 1,994 pada taraf α = 0,05. Hasil belajar siswa kelas Make A Match diperoleh rata-rata postes sebesar 75,91 sedangkan hasil belajar siswa kelas Snowball Throwing rata-rata postes 79,58. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai postes siswa pada kelas Snowball Throwing 95% mencapai KKM sedangkan postes kelas Make A Match sebanyak 75% siswa mencapai KKM.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRiawayati, 195203211983032001
Call Number: SK-2017 BIO 019
Keywords: Hasil Belajar Siswa, Snowball Throwing, Make A Match, ekosistem
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH359 Evolution
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 25 Feb 2017 04:32
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23243

Actions (login required)

View Item View Item