PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENCAPAIAN KONSEP (CONCEPT ATTAINMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK PENGUKURAN DI KELAS X SEMESTER I SMA NEGERI 2 LUBUK PAKAM T.A. 2016/2017

Nainggolan, Andi Putra (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENCAPAIAN KONSEP (CONCEPT ATTAINMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK PENGUKURAN DI KELAS X SEMESTER I SMA NEGERI 2 LUBUK PAKAM T.A. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4123321005 COVER.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4123321005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4123321005 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4123321005 PREFACE.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4123321005 PREFACE.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM4123321005 TABLES OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4123321005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4123321005 TABLES.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 4123321005 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4123321005 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 4123321005 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4123321005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran pencapaian konsep (concept attainment) terhadap hasil belajar siswa pada materi pengukuran di SMA N 2 Lubuk Pakam T.A 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X Semester I SMA N 2 Lubuk Pakam yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas secara acak yaitu kelas X-II berjumlah 34 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X-III berjumlah 34 orang sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dan aktivitas belajar. kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran pencapaian konsep (concept attainment) dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Sebelum diberikan perlakuan dilakukan pretes, yaitu nilai rata-rata pretes kelas ekperimen 34,41 dan kelas kontrol 34,26. Pada pengujian data pretes kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t pretes di peroleh thitung < ttabel (0,055 < 1,998) maka H0 diterima artinya kemampuan awal siswa pada kelas eksperimen sama dengan siswa pada kelas kontrol. Kemudian diberikan perlakuan pada kelas eksperimen dengan model pembelajaran pencapaian konsep (Concept Attainment) dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Selama proses pembelajaran di kelas ekperimen aktivitas belajar siswa meningkat nilai rata-ratanya, yaitu pertemuan I 55,88, Pertemuan II 66,67, dan Pertemuan III 76,47. Di akhir pembelajaran diberikan postes dengan hasil rata-rata kelas ekperimen 78,38 dan kelas kontrol 69,85. Hasil pengolahan data postes diperoleh thitung > ttabel (3,11 > 1,998) Ha diterima yang artinya ada pengaruh penggunaan model pembelajaran pencapaian konsep (Concept Attainment) terhadap hasil belajar siswa pada materi pengukuran di SMA Negeri 2 Lubuk Pakam kelas X semester I T.A 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorDerlina, 196403211990032001
Call Number: SK-2017 FIS 039
Keywords: Concept Attainment , Hasil Belajar, Pengukuran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics > QC310 Thermodynamics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 25 Feb 2017 03:11
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23233

Actions (login required)

View Item View Item