PENGARUH TEKNIK BERCERITA BERPASANGAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 KISARAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016)

Pane, Laila Dwi Ananda (2017) PENGARUH TEKNIK BERCERITA BERPASANGAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 KISARAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016). Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 2123311042_COVER.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 2123311042_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 2123311042_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 2123311042_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 2123311042_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 2123311042_BAB I.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM. 2123311042_BAB V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. NIM. 2123311042_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik bercerita berpasangan terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 2 Kisaran Tahun Pembelajaran 2015/ 2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Kisaran yang terdiri dari 1 kelas dengan jumlah siswa 42 orang. X-1 dijadikan kelas eksperimen dengan menggunakan teknik bercerita berpasangan sekaligus menjadi kelas kontrol dengan menggunakan model konvensional dengan jumlah siswa sebanyak 42 orang. Sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 42 orang. Berdasarkan uji persyaratan data, baik dari uji pretes dan postes siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dinyatakan berdistribusi normal dan memiliki varian yang seragam (homogen). Sementara berdasarkan hasil analisis data penelitian, tampak adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, dimana rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 79,9 yang tergolong kategori baik, sedangkan hasil belajar siswa kelas kontrol hanya sebesar 51,9 yang tergolong kategori kurang. Adanya perbedaan hasil belajar siswa juga terbukti melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan table t pada taraf 5% dimana t0 yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 35,6 > 2,02 maka hipotesis nihil (Ho)ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa teknik bercerita berpasangan memiliki pengaruh dalam meningkatkan kema

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAnsari, Khairil196309101988031002
Call Number: 2017IND022
Keywords: menulis cerpen; bercerita berpasangan
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4400 Letters (Literary history)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 24 Feb 2017 09:44
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23224

Actions (login required)

View Item View Item