PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW MEMANFAATKAN PANEL DAN WIRING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN KELISTRIKAN KENDARAAN RINGAN PADA SISWA KELAS XI TKR DI SMK NEGERI 2 MEDAN

Hutasoit, Lena Manti (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW MEMANFAATKAN PANEL DAN WIRING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN KELISTRIKAN KENDARAAN RINGAN PADA SISWA KELAS XI TKR DI SMK NEGERI 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 5121122003 COVER.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 5121122003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 5121122003 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 5121122003 PREFACE.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 5121122003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 5121122003 TABLES.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 5121122003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 5121122003 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 5121122003 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 5121122003 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 5121122003 BIBLOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw memanfaatkan panel dan wiring untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Objek penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw memanfaatkan panel dan wiring untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan 2016/2017. Berdasarkan hasil analisis data hasil belajar siklus I diperoleh 26 siswa (76,47%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 8 siswa (23,52%) lainnya belum tuntas. Pada siklus II yang merupakan perbaikan pembelajaran yang telah diberikan pada siklus I, dari hasil tes belajar siklus II diperoleh 28 siswa (82,35%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 6 siswa (17,64%) lainnya belum tuntas .Presentase peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 5,88%. Karena telah memenuhi kriteria ketuntasan belajar siswa dan mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorPurba, Bonaraja196204151987031004
Call Number: SK-2017 OTM 005
Keywords: Hasil belajar; Kelistrikan; Jigsaw; Panel; Wiring
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 24 Feb 2017 09:02
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23218

Actions (login required)

View Item View Item