PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU GIZI SISWA KELAS X TATA BOGA SMK NEGERI 8 MEDAN

Parapat, Merri Yulinita Boru (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU GIZI SISWA KELAS X TATA BOGA SMK NEGERI 8 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 5123142023. COVER.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 5113142020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 5123142023. ABSTACT.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 5123142023. PREFACE.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 5123142013. TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 5123142023. LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 5123142023. LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 5123142023. CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 5123142023. CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 5123142023. BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Jigsaw pada mata pelajaran Ilmu Gizi. 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa yang tidak menggunakan Model Pembelajaran Jigsaw pada mata pelajaran Ilmu Gizi. 3)Untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw terhadap hasil belajar Ilmu Gizi. Desain penelitian ini adalah quasi eksperimen. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 8 Medan. Waktu penelitian di mulai September- Desember 2016. Penentuan kelas dilakukan secara simple random sampling sehingga sampel terdiri dari 2 kelas berjumlah 72 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan teknik analisi data menggunakan deskripsi data, uji kecenderungan, uji normalitas menggunakan chi-kuadrat, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kecenderungan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Jigsaw pada mata pelajaran Ilmu Gizi termasuk kategori cenderung tinggi dengan persentase sebesar 91,67 persen dan tingkat kecenderungan siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran Jigsaw pada mata pelajaran Ilmu Gizi termasuk kategori cenderung cukup dengan persentase sebesar 86,11 persen. Hasil anasis uji normalitas untuk hasil belajar Ilmu Gizi siswa yang menggunakan model pembelajaran Jigsaw dengan nilai X2hitung < X2tabel (10,43<11,070) dan hasil analisis uji normalitas untuk hasil belajar Ilmu Gizi siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran Jigsaw dengan nilai X2hitung < X2tabel (4,25<11,070) pada taraf signifikan (5%) adalah berdistribusi normal. Hasil analisis uji t menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran Jigsaw terhadap hasil belajar Ilmu Gizi dengan nilai thitung > ttabel (5,008 > 1,666) pada taraf signifikan 5%. Artinya, model pembelajaran Jigsaw dapat mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Gizi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorIngtyas, Fatma Tresno196610011993032002
Call Number: SK-2017 BOGA 008
Keywords: Model pembelajaran jigsaw; Hasil belajar ilmu gizi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
T Technology > TX Home economics > TX341 Nutrition. Foods and food supply
T Technology > TX Home economics > TX642 Cooking
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 24 Feb 2017 08:28
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23209

Actions (login required)

View Item View Item