PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM UPAYA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI MBS (STUDI KASUS PADA BEBERAPA SMP SWASTA DI KOTA P.SIANTAR)

Edyanto, Darwan (2006) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM UPAYA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI MBS (STUDI KASUS PADA BEBERAPA SMP SWASTA DI KOTA P.SIANTAR). Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 035030213 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (512kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 035030213 Abstrak.pdf - Published Version

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 035030213 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 035030213 Bab I.pdf - Published Version

Download (670kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 035030213 Bab V.pdf - Published Version

Download (792kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 035030213 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (482kB) | Preview

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah adanya kesenjangan mutu pendidikan pada setiap jenjang dan satuan pendidikan, khususnya pendidikan dasar dan menengah. Kesenjangan mutu pendidikan itu menjadi salah satu indikator dari peran kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan dalam pengelolaan sekolah yang masih belum maksimal. Fokus utama pada penelitian ini adalah kinerja kepala sekolah dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan dengan pendekatan manajemen berbasis sekolah.Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan pemahaman kepala sekolah terhadap visi sekolahnya, peran kepala sekolah dalam perencanaan dan evaluasi program dan upaya-upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah. Untuk mencapai tujuan tersebut maka penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Data tersebut diolah dan dianalisa selama kurun waktu pengumpulan data.Temuan penelitian menunjukkan bahwa peran kedua kepala sekolah lembaga pendidikan ini mempunyai persamaan dan perbedaan. Kedua kepala sekolah sama-sama memahami visi sekolahnya dalam upaya peningkatan mutu, namun perbedaan yang sangat mencolok pada kedua kepala sekolah terletak pada kemampuan kepemimpinan dan manajerial dalam memimpin dan mengelola sumber daya sekolah.Dari penelitian juga ditemukan bahwa peranan kepala sekolah kedua lembaga pendidikan ini sangat berbeda dalam upaya memerankan fungsinya sebagai pemimpin pendidikan di sekolah. Perbedaan yang mencolok tersebut adalah adanya perspektif yang berbeda dari kedua kepala sekolah dalam memotivasi personil sekolah (guru, pegawai, siswa) agar tumbuh semangat berprestasi dalam berbagai kegiatan sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorManullang, Belferik194710151974121001
Thesis advisorSukirno, 195401211987031001
Call Number: 371.207 Edy p
Keywords: Kepala sekolah; Pimpinan pendidikan; Kepala sekolah; Kurikulum; Pengajaran; Mutu guru
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2320

Actions (login required)

View Item View Item