PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU GEOGRAFI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS XI IPS SMA DAN MAN SE-KECAMATAN UJUNG PADANG TAHUN AJARAN 2016/2017

Wulandari, Irma (2017) PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU GEOGRAFI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS XI IPS SMA DAN MAN SE-KECAMATAN UJUNG PADANG TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 3122131006 COVER.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 3122131006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 3122131006 PREFACE.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 3122131006 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 3122131006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 3122131006 TABLE.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 3122131006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 3122131006 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 3122131006 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 3122131006 CHAPTER VI.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM. 3122131006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 115 siswa dan sampel penelitian diambil menggunakan rumus slovin dengan error sampling 5% sebanyak 115 siswa kelas XI IPS SMA dan MAN se-Kecamatan Ujung Padang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk skala. Validitas instrumen menggunakan expert judgement, sedangkan uji reliabiltas dengan menggunakan teknik analisis K-R21. Hasil reliabilitas menunjukkan reliabilitas sebesar 0,92 untuk skala keterampilan mengajar guru dan 0,89 untuk skala minat belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment. Hasil perhitungan yang diperoleh dengan teknik korelasi product moment adalah 0,300 yang menunjukkan bahwa hubungan kedua variabel bersifat positif, kemudian dibandingkan dengan rtabel jumlah N=115 dan taraf signifikan 5% yaitu 0,176 terbukti hasil rhitung lebih besar dari rtabel (0,300>0,195). Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara keterampilan mengajar guru dengan minat belajar siswa kelas XI IPS SMA dan MAN se-Kecamatan Ujung Padang tahun ajaran 2016/2017. Besarnya sumbangan keterampilan mengajar guru terhadap minat belajar siswa sebesar 74,6% dan sisanya 25,4% ditentukan oleh variabel lain. Besarnya sumbangan masingmasing indikator keterampilan mengajar guru adalah sebagai berikut: keterampilan memberikan penguatanr 20,5%, keterampilan bertanya sebesar 16,3%, keterampilan menggunakan variasi 10,9%, keterampilan menjelaskan 11,3%, keterampilan membuka danmenutup 13,6%, keterampilan mengelola kelas 14,5%, keterampilan membimbing diskusi kelompok 11,8% dan keterampilan mengajar kelompok kecil 12,7%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorElfayetti, 196302141990032002
Call Number: SK-2017 GEO 004
Keywords: Keterampilan mengajar guru; Minat belajar; PKn
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 24 Feb 2017 03:38
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23199

Actions (login required)

View Item View Item