HUBUNGAN PROFESIONALISME GURU GEOGRAFI DENGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN GEOGRAFI PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI SE KOTA TEBING TINGGI

Damanik, Aulia Ahsania (2017) HUBUNGAN PROFESIONALISME GURU GEOGRAFI DENGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN GEOGRAFI PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI SE KOTA TEBING TINGGI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 3121131002 COVER.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 3121131002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 3121131002 PREFACE.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 3121131002 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 3121131002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 3121131002 TABLES.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 3121131002 DAFTAR PETA.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 3121131002 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 3121131002 CHAPTER VI.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 3121131002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui profesionalisme guru Geogrfi di SMA Negeri Se Kota Tebing Tinggi yang sudah memiliki sertifikasi guru. (2) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran guru Geografi yang sudah memiliki sertifikasi guru di SMA Negeri se Kota Tebing Tinggi. (3) Untuk mengetahui hubungan profesionalisme guru Geografi dengan pelaksanaan pembelajaran Geografi di SMA Negeri se Kota Tebing Tinggi. Metode penelitian ini ialah penelitian korelasi (correlation research), dilaksanakan di Sekolah Menengah Atas Negeri Se Kota Tebing Tinggi tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Multi Stage Cluster Random Sampling.. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI SMAN 1 Tebing Tinggi kelas XI IPS 3 berjumlah 31siswa. SMA N 2 Kelas XI IPS Tebing Tinggi berjumlah 30 siswa, dan SMA N 4 Tebing Tinggi Kelas XI IPS 1 berjumlah 29 siswa. Penelitian ini menggunakan metode angket dan observasi. Terdapat hubungan antara profesionalisme guru geografi dengan pelaksanaan pembelajaran geografi dengan signifikasi 5%, hal ini mengindifikasikan terdapat korelasi yang signifikan antara variabel x dan variabel y. Hasil koefesiensi determinan sebesar 11 %, maka dapat diketahui bahwa profesionalisme guru dapat mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran siswanya sebesar 11% dan ini berarti 89 % lagi dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Dengan demikian profesionalisme guru dengan baik maka akan menghasilkan pelaksanaan pembelajaran pada siswa yang baik pula. Walaupun profesionalisme guru bukanlah satu-satunya faktor dalam menentukan baik tidak nya pelaksanaan pembelajaran yang diraih siswa. Faktor tersebut dapat berupa faktor eksternal lainnya seperti kualitas pengajaran,lingkungan belajar, sarana pengajaran dan kurikulum. Kemungkinan juga faktor internal diantaranya tingkat kecerdasan, bakat, minat, motivasi,dan sebagainya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorArif, Muhammad196010141985031001
Call Number: SK-2017 GEO 005
Keywords: Guru; Profesionalisme; Kompetensi; Strategi pembelajaran; Model pembelajaran; Geografi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 23 Feb 2017 08:31
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23194

Actions (login required)

View Item View Item