PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI LEMBAGA PAUD

Sinaga, Junika Hotmaida (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI LEMBAGA PAUD. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan + Persetujuan + Plagiat.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Abstrak B. Indonesia + B. Inggris .pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. kata pengantar.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9.BAB I.pdf - Published Version

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kreativitas anak usia dini yang diajarkan dengan model pembelajaran sinektik lebih tinggi daripada yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung; (2) Kreativitas anak usia dini yang memiliki kecerdasan emosional tinggi lebih tinggi daripada anak usia dini yang memiliki kecerdasan emosional rendah; dan (3) Interaksi antara model pembelajaran dan kecerdasan emosional terhadap kreativitas anak usia dini. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak usia dini di PAUD Kenanga Raya yang berjumlah 40 anak. Sampel dalam penelitian ini ditentukan secara acak dengan teknik cluster random sampling, dengan mengambil 20 anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian menggunakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kreativitas figural dan skala kecerdasan emosi anak usia dini. Analisis data yang digunakan adalah Anava Faktorial 2 x 2. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) terdapat perbedaan kreativitas anak usia dini yang diajarkan model pembelajaran sinektik dengan kreativitas anak usia dini yang diajarkan model pembelajaran langsung dengan Fhitung>Ftabel (20,6>1,74); (2) terdapat perbedaan kreativitas anak usia dini yang memiliki kecerdasan emosional tinggi dengan kreativitas anak usia dini yang memiliki kecerdasan emosional rendah dengan Fhitung>Ftabel (51,59>1,74); dan (3) ada interaksi antara model pembelajaran dan kecerdasan emosional terhadap kreativitas anak usia dini dengan Fhitung>Ftabel (35,92>1,74). Hasil penelitian yang diperoleh diharapkan memberikan informasi bagi pengelola Lembaga PAUD dan tenaga pendidik PAUD untuk menggunakan model pembelajaran sinektik dalam meningkatkan kreativitas anak usia dini di Lembaga PAUD. Selain itu, perlu bagi tenaga pendidik memperhatikan kecerdasan emosional anak dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSitumorang, Julaga195108201978031002
Thesis advisorNapitupulu, Efendi196311271987031001
Call Number: 372.24 Sin p
Keywords: Kreativitas; Model pembelajaran; Kecerdasan emosional
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study
L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 23 Feb 2017 04:35
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23187

Actions (login required)

View Item View Item