PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS NARASI BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK SISWA KELAS X SMK SWASTA JAMBI MEDAN

Zahara, Siti Fatimah (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS NARASI BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK SISWA KELAS X SMK SWASTA JAMBI MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8146191023 COVER.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8146191023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8146191023 ABSTRACKS.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8146191023 PREFACE.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8146191023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8146191023 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8146191023 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8146191023 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 8146191023 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 8146191023 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 8146191023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan gambaran pembelajaran menulis narasi di SMK serta mendeskripsikan penilaian siswa dan guru terhadap materi narasi pada buku teks pelajaran bahasa Indonesia, (2) mengembangkan modul pembelajaran menulis narasi berbasis kearifan lokal untuk siswa SMA/SMK, (3) mendeskripskan kelayakan modul pembelajaran menulis narasi berbasis kearifan lokal untuk siswa kelas X SMA/SMK. Penelitian dan pengembangan ini mengacu pada 10 tahap dari Borg and Gall yang disederhanakan menjadi 3 tahapan, yaitu penelitian dan pengumpulan informasi. Perencanaan pembuatan produk, dan pengembangan produk. Data diperoleh melalui penyebaran angket, wawancara, telaah buku teks pelajaran, validasi produk, dan uji coba terhadap siswa langkah-langkahnya meliputi : mengubah data kualitatif menjadi kuantitatif, tabulasi semua data yang diperoleh pada tiap aspek, menghitung skor rata-rata, dan mengubah skor rata-rata menjadi ketagori. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) siswa masih kesulitan dalam menulis narasi, khususnya dalam mencari ide. Buku teks yang digunakan masih terlalu monoton baik dari penyajian maupun penugasan. Perlu adanya pengembangan materi pembelajaran, (2) modul yang dikembangkan berjudul “Menulis Teks Narasi Berbasis Kearifan Lokal”. Modul ini terdiri dari tiga bagian, yaitu pengenalan awal narasi, motivasi menulis, dan pengembangan bahan ajar menulis teks narasi berbasis kearifan lokal. Adapun hasil validasi modul pembelajaran dari ahli materi, guru bahasa Indonesia, dan uji coba terhadap siswa menunjukan bahwa aspek isi memperoleh rata-rata skor 4,49 berkategori “sangat baik”, aspek bahasa memperoleh rata-rata skor 4,66 berkategori “sangat baik”, aspek penyajian memperoleh rata-rata skor 4,68 berkategori “sangat baik”, dan aspek kegrafikan memperoleh rata-rata skor 4,71 berkategori “sangat baik”, (3) modul pembelajaran memperoleh rata-rata skor akhir 4,63 berkategori “sangat baik” dengan tingkat kelayakan 92,6% dan dinayatakan sangat layak digunakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHadi, Wisman197802012003121003
Thesis advisorMarice, 196311201992032003
Call Number: 411.071 9 Zah p
Keywords: Modul; Narasi; Kearifan lokal
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P118 Language acquisition
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 23 Feb 2017 04:14
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23184

Actions (login required)

View Item View Item