PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS KELAS XI DI SMAN UNGGUL SUBULUSSALAM T.P. 2015/2016

Handayani, Shanti (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS KELAS XI DI SMAN UNGGUL SUBULUSSALAM T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4122121018 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4122121018 COVER.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4122121018 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4122121018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of 3 . NIM 4122121018 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3 . NIM 4122121018 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of 4 . NIM 4122121018 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4 . NIM 4122121018 PREFACE.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[thumbnail of 5 . NIM 4122121018 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5 . NIM 4122121018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 6 . NIM 4122121018 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6 . NIM 4122121018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of 7 . NIM 4122121018 TABLES.pdf]
Preview
Text
7 . NIM 4122121018 TABLES.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4122121018 APPENDICS.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4122121018 APPENDICS.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4122121018 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4122121018 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (351kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4122121018 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4122121018 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4122121018 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4122121018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fluida statis kelas XI semester genap di SMAN Unggul Subulussalam T.P 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan menggunakan desain penelitian two group pretest-postest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN Unggul Subulussalam yang terdiri dari 3 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas XI IPA 3 dengan 31 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 dengan 31 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Pada penelitian ini diberikan pretes dan postes pada kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan menggunakan tes hasil belajar. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 65.8 dan nilai rata-rata kelas kontrol 62.6, kemudian dilakukan pengujian normalitas dan homogenitas pada data pretes dan didapatkan kedua kelas berdistribusi normal dan berasal dari kelompok yang homogen. Setelah itu dilakukan uji kesamaan rata-rata pretes untuk melihat kemampuan awal siswa pada kedua kelas, diperoleh bahwa hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sama dengan hasil belajar siswa pada kelas kontrol pada materi Fluida Statis. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model kooperatif tipe group investigation dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 82.5 dengan dan kelas kontrol 76.1.
Hasil uji t satu pihak dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh > (3.9 > 1.67), maka Ho di tolak dan Ha di terima dengan kata lain bahwa hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih baik dibandingkan hasil belajar siswa pada kelas kontrol, berarti ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fluida statis kelas XI semester genap di SMAN Unggul Subulussalam T.P 2015/2016. Aktivitas siswa selama proses pembelajaran di kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 73.94 tergolong ke dalam kategori aktif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 FIS 035
Keywords: Model pembelajaran tipe group investigation (GI); Hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 22 Feb 2017 02:05
Last Modified: 22 Feb 2017 02:05
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23133

Actions (login required)

View Item
View Item