HUBUNGAN PELAKSANAAN SUPERVISI DAN KEMAMPUAN KOORDINASI KEPALA SEKOLAH DENGAN PRESTASI KERJA GURU SMA SWASTA DI KECAMATAN MEDAN TEMBUNG

Widodo, Raden Yoewono Oerip (2006) HUBUNGAN PELAKSANAAN SUPERVISI DAN KEMAMPUAN KOORDINASI KEPALA SEKOLAH DENGAN PRESTASI KERJA GURU SMA SWASTA DI KECAMATAN MEDAN TEMBUNG. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 045030397 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 045030397 Abstrak.pdf - Published Version

Download (488kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 045030397 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 045030397 Bab I.pdf - Published Version

Download (562kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 045030397 Bab V.pdf - Published Version

Download (532kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 045030397 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (479kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti apakah ada hubungan pelaksanaan supervisi dengan prestasi kerja guru, hubungan kemampuan koordinasi kepala sekolah dengan prestasi kerja guru, dan hubungan antara pelaksanaan supervisi dan kemampuan koordinasi kepala sekolah secara bersama-sama dengan prestasi kerja guru Sekolah Menengah Atas (SMA) Swasta di Kecamatan Medan Tembung.Panelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional untuk melihat hubungan antara variabel penelitian. Populasinya adalah seluruh guru di sekolah itu yang berjumlah 247 orang, dan yang menjadi sampel penelitian sebanyak 96 orang atau 38,87 % diambil dari populasi dengan menggunakan teknik stratified proporsional random sampling. Instrumen pengumpulan data adalah angket untuk variabel pelaksanaan supervisi dengan koefisien reliabiltas r11 = 0.866, kemampuan koordinasi kepala sekolah dengan koefisien reliabiltas = 0,880, dan prestasi kerja guru dengan koefisienreliabilitas r11 = 0,893.Hasil pengujian hipotesis menunjukkan: (1). Terdapat hubungan yang signifikan pelaksanaan supervisi dengan prestasi kerja guru ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar r = 0,7331 atau r2 = 0,5374 dan thitung = 10,45 > ttabel= = 1,99 dengan dk = 94 pada taraf signifikan a = 0.05, (2). Terdapat hubungan yang signifikan kemampuan koordinasi kepala sekolah dengan prestasi kerja guru ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar r = 0,7956 atau r2 = 0 ,6329 dan thitung = 12,73 > ttabel = 1,99 dengan dk = 94 pada taraf signifikan a = 0,05, (3). Terdapat hubungan yang signifikan antara pelaksanaan supervisi dan kemampuan koordinasi kepala sekolah secara bersama dengan prestasi kerja guru. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar R = 0.824, dengan indeks determinasi sebesar R2 = 0,679 yang berarti bahwa 67,9 % prestasi kerja guru dapat dijelaskan dengan variabel pelaksanaan supervisi dan kemampuan koordinasi kepala sekolah secara bersama-sama melalui persamaan garis regresi ganda Y = 1,39 + 0,45X1 + 0,67X2.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMariany, Tina194403021969022001
Thesis advisorSiman, 195501081980031007
Call Number: 371.106 Wid h
Keywords: Prestasi kerja; Kemampuan koordinasi; Kepala sekolah; Guru
Subjects: L Education > LA History of education > LA173 Higher education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2313

Actions (login required)

View Item View Item