PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SEMESTER II PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR SMA NEGERI 1 STABAT T.P. 2015/2016

Maduwu, Apri Tivani (2017) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SEMESTER II PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR SMA NEGERI 1 STABAT T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4121121001 COVER.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4121121001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4121121001 ABSTRAC.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4121121001 PREFACE.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4121121001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4121121001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4121121001 APPENDIC.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 4121121001 TABLE.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4121121001CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 4121121001 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4121121001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview

Abstract

homogen maka dilakukan uji statistik dengan uji t pada taraf signifikan α = 0,05. Nilai rata-rata hasil pretes kelas eksperimen adalah 28,4 dan kelas kontrol adalah 23,1. Dan nilai rata-rata postes kelas eksperimen 69,3 dan kelas kontrol 39,5. Hasil uji pretes kedua sampel antara kelas eksperimen dan kelas kontrol mempunyai kemampuan awal yang sama. Setelah diberikan perlakuan menggunakan model Problem Based Learning, kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol sehingga terbukti ada pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa kelas X Semester II pada materi pokok Suhu dan Kalor SMA N 1 Stabat T.P 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa Kelas X Semester II pada materi pokok Suhu dan Kalor SMA Negeri 1 Stabat T.P. 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen.Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Stabat. Penarikan sampel dengan cluster random sampling yaitu X MIA-3 sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran Model Problem Based Learning sedangkan kelas X MIA-4 sebagai kelas kontrol diajarkan dengan pembelajaran Konvensional. Instrumen yang digunakan pada penelitian adalah tes uraian berjumlah 10 soal. Data penelitian yaitu dalam bentuk hasil belajar .Untuk data hasil belajar diawali dengan uji normalitas dan homogenitas. Dengan data yang sudah telah berdistribusi normal dan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHutahaean, Juniar196503061991031002
Call Number: SK-2017 FIS 031
Keywords: Problem based learning; Konvensional; Hasil belajar; Model pembelajaran; Materi pelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Q Science > QC Physics > QC251 Heat
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 21 Feb 2017 07:45
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23116

Actions (login required)

View Item View Item