UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK LOKOMOTOR ANAK TUNAGRAHITADENGAN MENGGUNAKAN VARIASI PEMBELAJARAN MELALUI PENDEKATAN BERMAIN DI SLB PEMBINAMEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Armyz, Marissa (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK LOKOMOTOR ANAK TUNAGRAHITADENGAN MENGGUNAKAN VARIASI PEMBELAJARAN MELALUI PENDEKATAN BERMAIN DI SLB PEMBINAMEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 6123111055 COVER.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 6123111055 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 6123111055 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 6123111055 PREFACE.pdf - Published Version

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 6123111055 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 6123111055 TABLES.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 6123111055 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 6123111055 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 6123111055 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 6123111055 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 6123111055 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar gerak lokomotor berjalan, berlari dan melompat untuk anak tunagrahita dengan menggunakan variasi pembelajaran melalui pendekatan bermain yang diberi julukan “ Post Pelangi ” pada siswa kelas II SDLB-C Pembina Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SDLB- C Pembina Medan yang berjumlah 8 Siswa yang terdiri dari 6 putera dan 2 puteri. Sumber data berasal dari guru, siswa dan peneliti. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar I dan tes hasil belajar II yang berbentuk aplikasi pembelajaran gerak dasar lokomotor dengan menerapkan permainan “ Post Pelangi”. Setelah data terkumpul dan dilakukan analisis maka diperoleh hasil analisisnya: (1). Pada Siklus I, dari 8 orang siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini, ternyata hanya 3 orang siswa (37,5%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, sedangkan selebihnya yaitu 5 orang siswa (62,5%) belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata – rata yang diperoleh hanya mencapai 64,05. (2). Pada Siklus II, ternyata 7 orang siswa (87,5%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, sedangkan selebihnya yaitu 1 orang siswa (12,5%) belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata – rata yang diperoleh hanya mencapai 71,85. Berdasarkan hal diatas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan menggunakan variasi pembelajaran melalui pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar gerak lokomotor anak tunagrahita di SLB Pembina Medan T.A. 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSuprayitno, 197707212005011001
Call Number: SK-2017 PJKR 021
Keywords: Hasil Belajar, Gerak Dasar, Tunagrahita
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV1060.5 Track and field athletics
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Feb 2017 07:31
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23111

Actions (login required)

View Item View Item