PENGARUH MEDIA AUDIOVISUAL ‘KERJA KERAS ORANG TUA’ DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS CERPEN SISWA KELAS XI SMA TUNAS PELITA BINJAI TAHUN AJARAN 2016/2017

Erillia, Risky (2017) PENGARUH MEDIA AUDIOVISUAL ‘KERJA KERAS ORANG TUA’ DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS CERPEN SISWA KELAS XI SMA TUNAS PELITA BINJAI TAHUN AJARAN 2016/2017. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8146191020 COVER.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8146191020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8146191020 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8146191020 PREFACE.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8146191020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8146191020 TABLES.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8146191020 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8146191020 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 8146191020 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 8146191020 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 8146191020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media audiovisual ‘Kerja Keras Orang Tua’ dan motivasi terhadap hasil belajar menulis cerpen. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen (two group), yaitu membandingkan dua kelas. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan media audiovisual ‘Kerja Keras Orang Tua’ dan kelas kontrol diberikan perlakuan dengan tidak menggunakan media audiovisual ‘Kerja Keras Orang Tua’. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Tunas Pelita Binjai. Sampel dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik cluster random sampling, yaitu kelas XI-IPA U sebagai kelas eksperimen sebanyak 26 siswa dan kelas kontrol yaitu kelas XI-IPS 1 sebanyak 25 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan angket motivasi belajar dan tes hasil belajar menulis cerpen. Teknik analisis data menggunakan menggunakan uji anava dua jalan. Berdasarkan perhitungan data, diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: (1) motivasi siswa kelas XI SMA Tunas Pelita Binjai yang menggunakan media audiovisual ‘Kerja Keras Orang Tua’ lebih tinggi daripada siswa yang tidak menggunakan media audiovisual ‘Kerja Keras Orang Tua’ dengan pemerolehan harga F tabel = 3,94 untuk 5% dan 6,90 untuk 1%. Harga F hitung = 113,815 lebih besar daripada harga F tabel = 3,94 untuk 5% dan 5,01 untuk 1%; (2) hasil belajar menulis cerpen siswa kelas XI SMA Tunas Pelita Binjai yang menggunakan media audiovisual ‘Kerja Keras Orang Tua’ lebih tinggi daripada siswa yang tidak menggunakan media audiovisual ‘Kerja Keras Orang Tua’ dengan pemerolehan harga F tabel = 0,898 untuk 5% dan 6,90 untuk 1%. Harga F hitung = 3,94 lebih besar daripada harga F tabel untuk 5%, yaitu 3,94>0,898 dan untuk 1% yaitu 6,90>0,898; (3) terdapat interaksi media audiovisual ‘Kerja Keras Orang Tua’ dan motivasi terhadap hasil belajar menulis cerpen siswa dengan perolehan harga F tabel 3,94 untuk 5% dan 6,90 untuk 1%. Harga F hitung = 89.005 lebih besar daripada F tabel yaitu 89,005 > 3,94. Dengan demikian, hipotesis alternatif ( H_a) diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media audiovisual ‘Kerja Keras Orang Tua’ dan motivasi terhadap hasil belajar menulis cerpen siswa kelas XI SMA Tunas Pelita Binjai Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHadi, Wisman197802012003121003
Thesis advisorHarahap, Rosmawaty196104201987032002
Call Number: 411.707 12 Eri p
Keywords: Media; Motivasi; Cerpen
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN6120 Fiction
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 21 Feb 2017 04:40
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23106

Actions (login required)

View Item View Item