HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR DASAR PENGUKURAN PADA SISWA KELAS XI SMK HARAPAN STABAT TAHUN AJARAN 2016/2017

Agustia, Rudi (2017) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR DASAR PENGUKURAN PADA SISWA KELAS XI SMK HARAPAN STABAT TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 5122122008 COVER.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 5122122008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (647kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 5122122008 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 5122122008 PREFACE.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 5122122008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 5122122008 TABLES.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 5122122008 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 5122122008 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (594kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 5122122008 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 5122122008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara motivasi belajar dan disiplin belajar dengan hasil belajar dasar pengukuran pada siswa kelas XI SMK Harapan Stabat Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian korelasional, memakai instrumen angket model Likert dan dokumentasi. Jumlah populasi 105 siswa dan diperoleh sampel sebanyak 51 siswa, cara pengambilan sampel dengan teknik Proportional Stratified Random Sampling. Uji validitas instrumen menggunakan koefisien korelasi Product Moment, dan uji reabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Hasil penelitian di analisis menggunakan koefisien korelasi korelasi Product Moment, Korelasi Parsial dan Korelasi Ganda dengan bantuan program SPSS 16.0. Dari hasil analisis pada N = 51 taraf signifikan 5 % diperoleh rtabel = 0,267 hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar dasar pengukuran diperoleh rhitung = 0,860 dan rparsial = 0,811, hubungan antara disiplin belajar dengan hasil belajar dasar pengukuran diperoleh rhitung = 0,724 dan rparsial = 0,612, hubungan antara motivasi belajar dan disiplin belajar dengan hasil belajar dasar pengukuran diperoleh rhitung = 0,915. Dengan demikian maka variabel motivasi belajar, disiplin belajar dan hasil belajar dasar pengukuran memiliki hubungan yang signifikan. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan disiplin belajar dengan hasil belajar dasar pengukuran pada siswa kelas XI SMK Harapan Stabat Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMudjisusantya, YusniartoUNSPECIFIED
Call Number: SK-2017 OTM 002
Keywords: Motivasi belajar, disiplin belajar, hasil belajar dasar pengukuran
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ268 Steam engineering > TJ603 Locomotives
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Feb 2017 04:31
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23105

Actions (login required)

View Item View Item