PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR RIAS WAJAH DASAR SISWA KELAS X SMK NEGERI 8 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

Sormin, Ismawati (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR RIAS WAJAH DASAR SISWA KELAS X SMK NEGERI 8 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5123144015 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 5123144015 COVER.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 5123144015 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 5123144015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 5123144015 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 5123144015 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 5123144015 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 5123144015 PREFACE.pdf - Published Version

Download (297kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 5123144015 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 5123144015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (293kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 5123144015 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 5123144015 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 5123144015 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 5123144015 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 5123144015 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 5123144015 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 5123144015 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 5123144015 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (507kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 5123144015 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 5123144015 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 5123144015 BIBLOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 5123144015 BIBLOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (339kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Hasil Belajar Rias Wajah Dasar Siswa Kelas X SMK Negeri 8 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X Tata Kecantikan Kulit Semester Genap yang bejumlah 64 siswa. Sampel penelitian ini ada 2 kelas berjumlah 64 siswa. Tehnik pengambilan sampel yaitu dengan tehnik total sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre test- Post test Control Group Design. Instrumen atau pengumpulan data dalam penelitian ini adalah, tes hasil belajar dalam bentuk multiple choice sebanyak 42 soal yang valid. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji validitas reabilitas tes, tingkat kesukaran dan daya pembeda soal sebelum pengujian hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas, uji homogenitas, data. Dari pengujian ini diperoleh bahwa sampel berasal dari populasi yang memiliki varians yang homogen dan berdistribusi normal. Dari analisa data diperoleh skor rata-rata kontrol diperoleh sebesar 34,00 dengan Standar Deviasi 9,37. Dan pre-test pada kelas eksperimen dipeoleh sebesar 34,23 dengan Standar Deviasi 7,47. Dan analisa data pada kelas kontrol diperoleh sebesar 67,26 dengan Standar Deviasi 7,05 . Dan skor rata-rata post test pada kelas eksperimen (Model Pembelajaran Inkuiri) diperoleh sebesar 77,16 dengan Standar Deviasi 5,32 dari hasil analisis data dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikansi 5% yaitu sebesar 1,32 diperoleh thitung = 19,41 sedangkan ttabel =1,67. Ternyata thitung > ttabel (19,41>1,67) maka H0 ditolak dan Ha diterima atau hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran Dasar Kecantikan Kulit siswa yang diberi pengajaran dengan penerapan model pembelajaran Inkuiri lebih baik daripada menggunakan model konvensional pada siswa kelas X SMK Negeri 8 Medan Tahun Ajaran 2017/2018

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 RIAS 012
Keywords: Model pembelajaran inkuiri; Hasil belajar; Rias wajah
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT950 Hairdressing. Beauty culture. Barbers' work
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 21 Feb 2017 04:18
Last Modified: 21 Feb 2017 04:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23104

Actions (login required)

View Item
View Item