PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS CERPEN BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI SMA NEGERI LANGSA

Nucifera, Prima (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS CERPEN BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI SMA NEGERI LANGSA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8146191018 COVER.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8146191018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8146191018 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8146191018 PREFACE.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8146191018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8146191018 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8146191018 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8146191018 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8146191018 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8146191018 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8146191018 BIBLIOGRAPHY .pdf - Published Version

Download (301kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) kelayakan bahan ajar menulis cerpen berbasis kearifan lokal, (2) hasil belajar siswa kelas XII SMA Negeri 1 Langsa pada materi menulis cerpen dengan pengembangan bahan ajar menulis cerpen berbasis kearifan lokal, (3) keefektifan bahan ajar menulis cerpen berbasis kearifan lokal Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan berdasarkan model pengembangan Borg and Gall yang dikombinasikan dengan model pengembangan Dick dan Carrey. Subjek uji coba terdiri dari ahli materi, ahli desain, guru bahasa Indonesia, siswa SMA Negeri 1 Langsa pada uji coba perorangan terdiri dari 3 siswa, 9 siswa pada uji coba kelompok kecil, dan 32 siswa pada uji coba kelompok lapangan terbatas. Data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan melalui angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) validasi ahli materi meliputi kelayakan isi dengan rata-rata 86,02 pada kriteria sangat baik, kelayakan penyajian dengan rata-rata 83,65% pada kriteria sangat baik, aspek bahasa dengan rata-rata 81,73% pada kriteria sangat baik, (2) validasi ahli desain dengan rata-rata 81,11% pada kriteria sangat baik, (3) uji coba perorangan dengan rata-rata 83,33% dengan kriteria sangat baik, (4) uji coba kelompok kecil dengan rata-rata 91,19% dengan kriteria sangat baik, dan (5) uji kelompok lapangan terbatas dengan rata-rata 94,40% dengan kriteria sangat baik, (6) hasil belajar rata-rata siswa sebelum menggunakan bahan ajar 68,71 dan hasil belajar rata-rata siswa setelah menggunakan bahan ajar 77,72, dan (7) keefektifan bahan ajar dengan persentase 77,72% dengan kriteria baik. Dengan demikian, bahan ajar menulis cerpen berbasis kearifan lokal yang telah dikembangkan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran sebagai sumber belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAdisaputera, Abdurrahman196710011994031001
Thesis advisorAmbarita, Biner195705151984031004
Call Number: 411.071 2 Nuc p
Keywords: Bahan ajar; Menulis; Cerpen; Kearifan lokal
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 20 Feb 2017 09:33
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23065

Actions (login required)

View Item View Item