PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN DI KELAS VII SMP NEGERI 4 MEDAN T.A. 2016/ 2017

Syafputri, Rani Sugesti (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN DI KELAS VII SMP NEGERI 4 MEDAN T.A. 2016/ 2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4134111002 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4134111002 COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4134111002 LEMBAR PENGESAHAN (2).pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4134111002 LEMBAR PENGESAHAN (2).pdf - Published Version

Download (302kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4134111002 RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4134111002 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4134111002 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4134111002 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4134111002  KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4134111002 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4134111002 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4134111002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4134111002 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4134111002 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4134111002 DAFTAR DIAGRAM.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4134111002 DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4134111002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4134111002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 4134111002 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 4134111002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 11. NIM. 4134111002 BAB I.pdf]
Preview
Text
11. NIM. 4134111002 BAB I.pdf - Published Version

Download (599kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM. 4134111002 BAB V.pdf]
Preview
Text
15. NIM. 4134111002 BAB V.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 16. NIM. 4134111002 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
16. NIM. 4134111002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada materi perbandingan di kelas VII SMP Negeri 4 Medan T.A. 2016/ 2017. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Medan T.A. 2016/ 2017 yang terdiri dari sebelas kelas dan diambil dua kelas yaitu siswa kelas VII-4 dan siswa kelas VII-9 dan objek penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi perbandingan dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah di kelas VII SMP Negeri 4 Medan T.A. 2016/ 2017. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus, masing–masing terdiri dari dua kali pertemuan. Hasil dari PTK ini merupakan tindakan. Sebelum memberikan tindakan, terlebih dahulu diberikan tes kemampuan awal dan setiap akhir siklus diberikan tes kemampan pemecahan masalah. Dari hasil analisis data diperoleh peningkatan hasil tes akhir kemampuan pemecahan masalah. Jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar dari tes kemampuan awal yaitu 4 dari 35 orang siswa (11,43 %) dengan rata – rata kelas 39,03. Hasil analisis data pada siklus I setelah menggunakan model pembelajaran berbasis masalah diperoleh tingkat kemampuan memahami masalah siswa 81,08% , tingkat kemampuan merencanakan penyelesaian masalah siswa 78,02%, tingkat kemampuan melaksanakan penyelesaian masalah 72,25% dan tingkat kemampuan memeriksa kembali penyelesaian masalah 52,43%, dengan jumlah siswa yang tuntas adalah 27 orang siswa dari 37 siswa atau 72,97% dan belum mencapai ketuntasan kelas. Hasil analisis data pada siklus II dengan model pembelajaran berbasis masalah diperoleh tingkat kemampuan memahami masalah siswa 82,70%, tingkat kemampuan merencanakan penyelesaian masalah siswa 82,16%, tingkat kemampuan melaksanakan penyelesaian masalah 80,18% dan tingkat kemampuan memeriksa kembali penyelesaian masalah 67,29%, dengan jumlah siswa yang tuntas adalah 32 orang siswa dari 37 orang siswa atau (86,49%) sehingga sudah mencapai ketuntasan kelas yaitu sebesar 85%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 MAT 014
Keywords: Pembelajaran matematika; Model pembelajaran; Pembelajaran berbasis masalah; Teori belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 17 Feb 2017 04:06
Last Modified: 17 Feb 2017 04:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23038

Actions (login required)

View Item
View Item