Sianturi, Feryando (2016) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING DENGAN KAKI BAGIAN DALAM PADA PERMAINAN SEPAK BOLA MELALUI PENERAPAN METODE INKUIRI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 RANTAU SELATAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
|
Text
1. NIM 6123311031 COVER.pdf - Published Version Download (54kB) | Preview |
|
|
Text
7. NIM 6123311031 ILLUSTRATION.pdf - Published Version Download (126kB) | Preview |
|
|
Text
2. NIM 6123311031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version Download (269kB) | Preview |
|
|
Text
3. NIM 6123311031 ABSTRACT.pdf - Published Version Download (129kB) | Preview |
|
|
Text
4. NIM 6123311031 PREFACE.pdf - Published Version Download (283kB) | Preview |
|
|
Text
8. NIM 6123311031 APPENDICES.pdf - Published Version Download (127kB) | Preview |
|
|
Text
5. NIM 6123311031 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version Download (172kB) | Preview |
|
|
Text
6. NIM 6123311031 TABLES.pdf - Published Version Download (127kB) | Preview |
|
|
Text
9. NIM 6123311031 CHAPTER I.pdf - Published Version Download (455kB) | Preview |
|
|
Text
13. NIM 6123311031 CHAPTER V.pdf - Published Version Download (160kB) | Preview |
|
|
Text
14. NIM 6123311031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version Download (170kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing dengan kaki bagian dalam pada permainan sepak bola pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Rantau-Selatan melalui penerapan metode inkuiri. Lokasi penelitian ini adalah di SMA Negeri 2 Rantau-Selatan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Rantau-Selatan dengan jumlah siswa sebanyak 35 orang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari dua siklus, siklus I dan II. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I peneliti memberi pre test untuk mengetahui letak kesulitan pada pelajaran passing dengan kaki bagian dalam pada permainan sepak bola, dilanjutkan dengan siklus I dan post test siklus I, siklus II dan diakhiri dengan pemberian post test siklus II dengan instrumen penelitian lembar pengamatan test hasil belajar passing dengan kaki bagian dalam pada petrmainan sepak bola dengan menggunakan lembar fortofolio. Melalui penerapan metode inkuiri dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar passing dengan kaki bagian dalam pada permainan sepak bola siswa dari mulai tes awal hingga pada siklus II, pada test awal yang dilakukan terdapat 7 Siswa ( 21,33%) yang berhasil dalam mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata nilai 60.95. Ketuntasan belajar siswa pada post tes siklus I mencapai 15 siswa yang berhasil dalam mencapai ketuntasan belajar yaitu sebesar 42,85% dengan nilai rata-rata 63.80. Dan ketuntasan belajar siswa pada post test siklus II mencapai 30 siswa yang berhasil dalam mencapai ketuntasan belajar yaitu sebesar 85,71% dengan rata-rata nilai 72.14. Jadi dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar passing dengan kaki bagian dalam pada permainan sepak bola melalui penerapan metode inkuiri di kelas XI SMA Negeri 2 Rantau-Selatan Tahun Ajaran 2016/2017. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan penerapan metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar passing dengan kaki bagian dalam pada permainan sepakbola di SMA Negeri 2 Rantau-Selatan Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Call Number: | SK-2017 PJKR 012 | ||||||
Keywords: | Pendidikan Jasmani, Sepak Bola, hasil Belajar | ||||||
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi | ||||||
Depositing User: | Mr Maknun | ||||||
Date Deposited: | 17 Feb 2017 02:21 | ||||||
URI: | http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23010 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |