PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA BERDASARKAN ANALISIS CAMPUR KODE PADA PENUTUR BAHASA BATAK ANGKOLA DI SMP NEGERI 1 PADANGSIDIMPUAN

Syahfitri, Dina (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA BERDASARKAN ANALISIS CAMPUR KODE PADA PENUTUR BAHASA BATAK ANGKOLA DI SMP NEGERI 1 PADANGSIDIMPUAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. NIM 8146191004 COVER.pdf - Published Version

Download (866kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. NIM 8146191004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. NIM 8146191004 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (872kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. NIM 8146191004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (922kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. NIM 8146191004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (871kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. NIM 8146191004 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (844kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. NIM 8146191004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (870kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. NIM 8146191004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (844kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. NIM 8146191004 BAB I.pdf - Published Version

Download (520kB) | Preview
[img]
Preview
Text
013. NIM 8146191004 BAB V.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
014. NIM 8146191004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengembangan bahan ajar Bahasa Indonesia untuk pembelajaran menulis karangan narasi berdasarkan analisis campur kode siswa kelas VII SMP Negeri 1 Padangsidimpuan, (2) kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Padangsidimpuan dengan menggunakan bahan ajar yang dikembangkan. (3) keefektipan bahan ajar Bahasa Indonesia itu terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia uji siswa yang melakukan campur kode. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan dengan sepuluh langkah pelaksanaan mengacu pada teori Borg dan Gall. Metode penelitian terdiri dari: (1) validasi ahli materi pelajaran, (2) validasi ahli desain pembelajaran, (3) Uji coba perorangan, (4) Uji coba kelompok kecil, dan (5) uji coba lapangan terbatas; dan menghitung nilai materi menulis karangan narasi yang dikembangkan. Subjek uji coba terdiri dari tiga ahli materi pelajaran bahasa Indonesia, tiga ahli desain pembelajaran, empat sisswa untuk uji coba perorangan, sepuluh siswa untuk uji kelompok kecil dan 40 siswa untuk uji lapangan terbatas. Data-data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan dengan angket dan dianalisis dengan teks analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk bahan ajar Bahasa Indonesia untuk pembelajaran menulis karangan narasi berdasarkan analisis campur kode yang dikembangkan pada materi karangan narasi untuk siswa kelas VII SMP Negeri 1 Padangsidimpuan memenuhi syarat dan layak digunakan berdasarkan validasi ahli materi meliputi kelayakan isi dengan rata-rata 82,42 pada kriteria sangat baik, kelayakan penyajian dengan rata-rata 83,56% pada kriteria sangat baik, aspek bahasa dengan rata-rata 85,19% pada kriteria sangat baik, dan validasi ahli desain dengan rata-rata 88,71% pada kriteria sangat baik. Penggunaan bahan ajar Bahasa Indonesia untuk pembelajaran menulis karangan narasi berdasarkan analisis campur kode lebih efektif meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini ditunjukkan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan bahan ajar yang dikembangkan lebih tinggi dengan rata-rata 75,38 dari hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan modul.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSolin, Mutsyuhito195810061985031001
Thesis advisorRahman, Arif196604121992031001
Call Number: 2017INDO003
Keywords: Campur kode; Bahasa batak angkola
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P201 Comparative grammar
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 16 Feb 2017 04:14
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22987

Actions (login required)

View Item View Item