EFEKTIVITAS FUNGSI MANAJEMEN PENDIDIKAN SISTEM GANDA PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN ESA PRAKARSA KECAMATAN SELESAI KABUPATEN LANGKAT

Sinaga, Marangin (2006) EFEKTIVITAS FUNGSI MANAJEMEN PENDIDIKAN SISTEM GANDA PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN ESA PRAKARSA KECAMATAN SELESAI KABUPATEN LANGKAT. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 045030442 Cover.PDF]
Preview
Other
1. 045030442 Cover.PDF - Published Version

Download (597kB) | Preview
[thumbnail of 2. 045030442 Daftar Isi.PDF]
Preview
Other
2. 045030442 Daftar Isi.PDF - Published Version

Download (550kB) | Preview
[thumbnail of 3. 045030442 Abstrak.PDF]
Preview
Other
3. 045030442 Abstrak.PDF - Published Version

Download (581kB) | Preview
[thumbnail of 4. 045030442 Bab I.PDF]
Preview
Other
4. 045030442 Bab I.PDF - Published Version

Download (709kB) | Preview
[thumbnail of 5. 045030442 Bab V.PDF]
Preview
Other
5. 045030442 Bab V.PDF - Published Version

Download (554kB) | Preview
[thumbnail of 6. 045030442 Daftar Pustaka.PDF]
Preview
Other
6. 045030442 Daftar Pustaka.PDF - Published Version

Download (536kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui efektifitas fungsi-fungsi manajemen pendidikan sistem ganda pada SMK Esa Prakarsa Kabupaten Langkat, (2) Mengetahui efektifitas kepala sekolah dalam mengimplementasikan fungsi-fungsi manajemen pendidikan sistem ganda pada SMK Esa Prakarsa Kabupaten Langkat, (3) Bagaimana kegiatan yang dilakukan antara personal yang ada pada SMK Esa Prakarsa Kabupaten Langkat serta sistem kerja berperan dalam pelaksanaan sistem ganda pada SMK Esa Prakarsa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi dilakukan untuk mendapatkan data dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, yayasan, guru-guru, pimpinan perusahaan, serta siswa. Penelusuran informasi dihentikan jika tidak ditemukan lagi data yang baru. Selanjutnya dilakukan validasi data dengan triangulasi penggunaan bahan referensi, mengadakan member check, serta membandingkan hasil wawancara dengan observasi dan dokumentasi.Fokus masalah penelitian ini dalam pertanyaan sejauh manakah efektifitas fungsi manajemen pendidikan sistem ganda yang diterapkan dalam peningkatan mutu sekolah.Temuan penelitian menunjukkan bahwa efektifitas fungsi manajemen pendidikan sistem ganda meliputi beberapa aspek sebagai berikut: belum diadakannya sinkronisasi pendidikan dan pelatihan, belum diadakan pemetaan profit kemampuan, sinkronisasi dengan pekerjaan di dunia usaha dan industri belum terealisasi, majelis sekolah belum berfungsi secara efektif, belum adanya evaluasi untuk pembukaan dan penutupan program diktat, masih cenderung hanya memakai kurikulum sebagaimana adanya (tanpa analisis) uji kompetensi yang masih kurang sempurna.Selanjutnya, penulis mengajukan rekomondasi yaitu: (1) Di dalamimplementasi efektifitas fungsi-fungsi manajemen pendidikan sistem ganda diperlukan adanya otoritas majelis sekolah untuk melaksanakan program PSG, (2) Untuk peningkatan kualitas dari pendidikan sistem ganda, hendaklah diadakan kesepakatan antara pembimbing dengan instruktur di DU/DI untuk mengadalcan PSG, dan (3) Hendaklah memfungsikan majelis sekolah yang ada agar jelas fokus kegiatan yang dilakukan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.200 68 Sin e
Keywords: Manajemen pendidikan; Manajerial; Pendidikan sistem ganda; Kurikulum; Pelatihan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 19 Apr 2016 08:00
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2298

Actions (login required)

View Item
View Item