PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS LAPORAN HASIL PENGAMATAN OLEH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN PEMBELAJARAN 2009/2010

Yani, Putri Indah (2009) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS LAPORAN HASIL PENGAMATAN OLEH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN PEMBELAJARAN 2009/2010. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada materi menulis laporan hasil pengamatan dengan mengunakan metode yang sesuai yaitu metode Problem Based Instruction yang dilaksanakan pada Juli-Agustus. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan tahun pembelajaran 2009/2010. Sampel penelitian ini adalah kelas XI IS 3 sebanyak 36 orang siswa dari jumlah populasi 267 orang siswa, di mana pengambilan sampel dilakukan dengan cara mengacak kelas yakni memilih salah satu kelas dari tujuh kelas yang menjadi populasi. Hal ini didukung oleh populasi yang homogen sehingga pengambilan sampel dapat dilakukan dengan acak kelas. Metode dalam penelitian ini bersifat quasi experimen (eksperimen semu). Dari pengolahan data diperoleh hasil pre test dengan rata-rata = 60, standar deviasi = 7,77 dan termasuk pada kategori baik sebanyak 19,45%, kategori cukup sebanyak 58,33%, kategori kurang sebanyak 22,22%. Hasil post test dengan ratarata = 72, standar deviasi = 6,12, dan dari kategori baik sekali sebanyak 19,45%, kategori baik sebanyak 47,22%, dan kategori cukup sebanyak 33,33%. Dari uji data hasil pre test dan post test di dapat kedua hasil berdistribusi normal. Dari uji homogenitas di dapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, di dapatlah t0 sebesar 3,67. Selanjutnya t0 diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikasi 5% dengan df=N-1=36-1=35. dari df=35 diperoleh taraf signifikasi 5%=2,03. Karena t0 yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 3,67>2,03, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa metode Problem Based Instruction mampu meningkatkan atau berpengaruh positif terhadap kemampuan siswa dalam menulis laporan hasil pengamatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Call Number: SK-2009 IND
Keywords: Menulis,Hasil Pengamatan,Metode Pembelajaran PBI
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 07 Feb 2017 08:11
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22890

Actions (login required)

View Item View Item