PERBEDAAN PEMAHAMAN ISI WACANA YANG MENGGUNAKAN METODE SQ3R DENGAN METODE PROSEDUR KLOSE SISWA KELAS VIII SMP SWASTA HKBP SIDORAME MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2008/2009

Lubis, Nova Valentina (2009) PERBEDAAN PEMAHAMAN ISI WACANA YANG MENGGUNAKAN METODE SQ3R DENGAN METODE PROSEDUR KLOSE SISWA KELAS VIII SMP SWASTA HKBP SIDORAME MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2008/2009. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
comper.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil pemahaman isi wacana yang menggunakan metode SQ3R hasil pemahaman isi wacana yang menggunakan metode prosedur klose oleh siswa kelas VIII SMP Swasta HKBP Sidorame Medan Tahun Pembelajaran 2008/2009. Populasi penelitian ini adalah 130 orang dan sampel penelitian dilakukan terhadap 64 siswa kelas VIII SMP Swasta HKBP Sidorame Medan Tahun Pembelajaran 2008/2009. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling (acak). Selanjutnya sampel dibagi ke dalam dua kelompok, yaitu 32 siswa kelompok ekperimen dan 32 siswa kelompok kontrol. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah hasil pemahaman isi wacana yang menggunakan metode SQ3R, hasil pemahaman isi wacana yang menggunakan metode prosedur klose, dan perbedaan hasil pemahaman isi wacana antara yang menggunakan metode SQ3R dengan metode prosedur klose oleh siswa kelas VIII SMP Swasta HKBP Sidorame Medan Tahun Pembelajaran 2008/2009. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, yaitu cara atau teknik yang mengungkapkan fakta yang jelas tentang proses gejala-gejala yang ada pada suatu objek penelitian. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes dalam bentuk objektif (objektif tes). Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan hasil pemahaman isi wacana yang menggunakan metode SQ3R oleh siswa kelas VIII SMP Swasta HKBP Sidorame Medan Tahun Pembelajaran 2008/2009 adalah baik dengan nilai rata-rata 70,13. Hasil pemahaman isi wacana yang menggunakan metode prosedur klose adalah cukup dengan nilai rata-rata 65,44. Selanjutnya ada perbedaan yang signifikan hasil pemahaman isi wacana antara yang menggunakan metode SQ3R dengan metode prosedur klose oleh siswa kelas VIII SMP Swasta HKBP Sidorame Medan Tahun Pembelajaran 2008/2009 di mana nilai t hitung > t tabel(0,05), yakni 14,21 > 2,00.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Call Number: SK-2009 IND
Keywords: Wacana,Narasi,Eksposisi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P201 Comparative grammar
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 07 Feb 2017 07:47
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22888

Actions (login required)

View Item View Item