EFEKTIVITAS MEDIA VIDEO COMPACT DISK (VCD) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK ISI BERITA OLEH SISWA KELAS IX MTS AL-WASHLIYAH 27 FIRDAUS KECAMATAN SEI RAMPAH TAHUN PEMBELAJARAN 2009/2010

Satriani, Fikih (2009) EFEKTIVITAS MEDIA VIDEO COMPACT DISK (VCD) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK ISI BERITA OLEH SISWA KELAS IX MTS AL-WASHLIYAH 27 FIRDAUS KECAMATAN SEI RAMPAH TAHUN PEMBELAJARAN 2009/2010. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
sampul.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf - Published Version

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas Video Compact Disk media VCD dalam meningkatkan keterampilan menyimak isi berita oleh Siswa Kelas IX MTS Al-Washliyah 27 Firdaus Kecamatan Sei Rampah Tahun Pembelajaran 2009/2010. Sehubungan dengan itu hal yang dilihat adalah keterampilan menyimak siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan media VCD, keterampilan menyimak siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan media VCD, dan perbedaan keterampilan menyimak antara yang mengikuti pembelajaran menggunakan media VCD dengan yang tidak menggunakan media VCD. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX MTS Al-Washliyah 27 Firdaus Kecamatan Sei Rampah Tahun Pembelajaran 2009/2010 yang berjumlah 136 orang. Sampel penelitian diambil 50% dari jumlah populasi yaitu 68 siswa, selanjutnya sampel dibagi lagi atas dua bagian yaitu 34 kelas eksperimen dan 34 kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen yaitu metode penelitian yang dilakukan dengan mengadakan pengamatan secara teliti terhadap objek penelitian serta adanya kontrol terhadap objek yang diteliti. Alat pengumpul data yang digunakan adalah tes tertulis dalam bentuk penugasan, yakni menugaskan siswa menuliskan isi berita yang disimak. Dari hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa adalah keterampilan menyimak siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan media VCD adalah baik dengan nilai rata-rata 70,88. Keterampilan menyimak siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan media VCD adalah cukup dengan nilai rata-rata 62,79. Ada perbedaan keterampilan menyimak antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan media VCD dengan yang tidak menggunakan media VCD oleh siswa kelas IX MTS Al-Washliyah 27 Firdaus Kecamatan Sei Rampah Tahun Pembelajaran 2009/2010. Hal ini diperkuat dari hasil perhitungan dan analisis uji t pada taraf signifikan 5% diperoleh nilai thitung > t tabel (0,05), yaitu 3,99 > 2,00. Ini bermakna penggunaan media VCD efektif diterapkan dalam meningkatkan keterampilan siswa menyimak isi berita.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorArif, Syamsul131571769
Call Number: SK-2009 IND
Keywords: vcVCD, Keterampilan, Berita
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P306 Translating and interpreting
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 11 Jul 2017 02:28
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22884

Actions (login required)

View Item View Item