PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VII SMP PRAYATNA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2009/2010

Siregar, Elfriati (2010) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VII SMP PRAYATNA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2009/2010. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf - Published Version

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB V.pdf - Published Version

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (15kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran experiential learning terhadap peningkatan keterampilan menulis puisi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 320 siswa kelas VII SMP Prayatna Medan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 orang yang diambil dengan teknik kluster. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes essay. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu atau Quasi Eksperiment. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t” dengan rumus: xyMMxyESMMto−−= Dari pengolahan data diperoleh hasil pre test dengan rata-rata = 63,25, standard deviasi = 6,85 dan termasuk pada kategori baik sebanyak 30%, kategori cukup sebanyak 62,5%, kategori kurang sebanyak 7,5%. Hasil post test dengan rata-rata = 79,5, standard deviasi = 7,14, dan dari kategori sangat baik sebanyak 35%, kategori baik sebanyak 60%, dan kategori cukup sebanyak 5%. Dari uji data hasil pre test dan post test di dapat kedua hasil berdistribusi normal. Dari uji homogenitas di dapat bahwa sample penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, di dapatlah t0 sebesar 10,3 Selanjutnya t0 diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikasi 5% dengan df=N-1=40-1=39. dari df=39 diperoleh taraf signifikasi 5%=2,03. karena t0 yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 10,3>2,03, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh yang signifikan atas pengunaan model pembelajaran Experiential Learning terhadap peningkatan keterampilan menulis puisi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Call Number: SK-2010 IND
Keywords: Menulis Puisi,Experiential Learning,Model Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PR English literature > PR500 Poetry
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 06 Feb 2017 03:33
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22880

Actions (login required)

View Item View Item