KEMAMPUAN PENGGUNAAN METODE INDEX CARD MATCH TERHADAP APRESIASI CERPEN ‘SEANDAINYA KAU JADI IKAN’ KARYA ISBEDY STIAWAN ZS OLEH SISWA KELAS XI IPS SMA SWASTA YAYASAN PENDIDIKAN RISMADUMA TANJUNG BERINGIN SIDIKALANG TAHUN PEMBELAJARAN 2008/2009

Ginting, Cendana Wangi (2009) KEMAMPUAN PENGGUNAAN METODE INDEX CARD MATCH TERHADAP APRESIASI CERPEN ‘SEANDAINYA KAU JADI IKAN’ KARYA ISBEDY STIAWAN ZS OLEH SISWA KELAS XI IPS SMA SWASTA YAYASAN PENDIDIKAN RISMADUMA TANJUNG BERINGIN SIDIKALANG TAHUN PEMBELAJARAN 2008/2009. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (565kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah metode index card match belum menjadi faktor melihat prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan keefektifan metode yang digunakan dalam Apresiasi cerpen ‘Seandainya Kau Jadi Ikan’ karya Isbedy Setiawan ZS antara metode Index Card Match dengan metode diskusi oleh siswa kelas XI IPS SMA Swasta Yayasan Pendidikan Rismaduma Tanjung Beringin Sidikalang tahun pembelajaran 2008/2009. Instrumen yang digunakan dalam membandingkan keefektifan Apresiasi cerpen’Seandainya Kau Jadi Ikan ’adalah test yang diberikan kepada siswa dalam bentuk pilihan berganda (multiple choice) sebanyak 20 soal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang terdiri dari 3 kelas yang jumlahnya 120 orang. Sampel dalam penelitian sebanyak 40 orang yang diambil secara random sampling. Dari hasil penelitian dapat dikemukakan hasil belajar Apresiasi cerpen ’Seandainya Kau Jadi Ikan ’dengan metode Index Card Match adalah baik, sedangkan hasil belajar memahami cerpen ’Seandainya Kau Jadi Ikan’ dengan metode Diskusi adalah kurang baik. Dari hasil analisis pengujian hipotesis diperoleh thitung = 2,91. Oleh karena thitung > ttabel (2,91>1,67) pada taraf nyata α=0,05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima dengan dk = 78. Dengan demikian ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa apresiasi cerpen ‘Seandainya Kau Jadi Ikan’ karya Isbedy Setiawan ZS yang diajarkan dengan metode Index Card Match dan metode diskusi oleh siswa kelas XI IPS SMA Swasta Yayasan Pendidikan Rismaduma Tanjung Beringin Sidikalang tahun pembelajaran 2008/2009.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Call Number: SK-2009 IND
Keywords: Metode Index Card Match, Cerpen, Isbedy setiawan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 04 Feb 2017 04:03
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22875

Actions (login required)

View Item View Item