PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MEMAHAMI PERUBAHAN MAKNA KATA DENGAN COLLABORATIVE LEARNING DAN METODE TRADISIONAL OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANGUN PURBA TAHUN PEMBELAJARAN 2008/2009.

Manurung, Betty. (2009) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MEMAHAMI PERUBAHAN MAKNA KATA DENGAN COLLABORATIVE LEARNING DAN METODE TRADISIONAL OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANGUN PURBA TAHUN PEMBELAJARAN 2008/2009. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar memahami perubahan makna kata dengan collaborative learning dan metode tradisional oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bangun Purba Tahun Pembelajaran 2008/2009. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bangun Purba yang berjumlah 118 orang siswa. Sampel Penelitian ini sebanyak 30 orang yakni seluruh populasi yang ada. Metode dalam penelitian ini bersifat eksperimen. Dengan menggunakan rumus : to = Dari pengolahan data diperoleh adalah variabel X dengan rata-rata = 70,66 , standar deviasi = 8,91 dan termasuk pada kategori sangat baik 6,6%, kategori baik 60% dan kategori cukup 33,4%. Hasil variabel Y dengan rata-rata = 59 standar deviasi 7,11 dan termasuk kategori baik 13,33% , kategori cukup 60%, dan kategori kurang 26,67%. Dari uji data hasil variabel X dan variabel Y didapat kedua hasil berdistribusi normal. Dari uji homogenitas didapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas selanjutnya uji hipotesis atau to sebesar 5,66. Selanjutnya to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% maupun 1% dengan df = N – 1 = 15 – 1 =14. Karena pada tabel df =14. Dari df = 15 diperoleh taraf signifikansi 5% = 2,14 dan 1% = 2,98. Karena to yang diperoleh lebih besar dari yaitu 2,14 < 5,66 > 2,98 maka hipotesis diterima. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar memahami makna kata dengan collaborative learning dan metode tradisional oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bangun Purba Tahun Pembelajaran 2008/2009.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Call Number: SK-2009 IND
Keywords: Collaborative Learning,Hasil Belajar,Makna Kata
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P201 Comparative grammar
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 03 Feb 2017 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22873

Actions (login required)

View Item View Item