EFEKTIVITAS TEKNIK INGATAN BAYANGAN MAJU TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS XI SMA PARULIAN 2 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2008/2009.

Munthe, Bernardi Helena (2009) EFEKTIVITAS TEKNIK INGATAN BAYANGAN MAJU TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS XI SMA PARULIAN 2 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2008/2009. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHA PEMBIMBING.pdf - Published Version

Download (629kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RPP.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Uji Kategori Eksperimen.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan menulis karangan narasi siswa menggunakan teknik ingatan bayangan maju dengan teknik linier dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi pada siswa kelas XI SMA Parulian 2 Medan tahun pembelajaran 2008/2009. Populasi adalah siswa kelas XI yang berjumlah 200 orang. Dari populasi, ditetapkan sampel secara acak sebanyak 50 orang dan dibagi menjadi dua kelompok. Pertama, kelompok teknik ingatan bayangan maju, kedua, kelompok teknik linier. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan instrumen tes kemampuan menulis karangan narasi yang diujikan setelah masing-masing kelompok mendapat perlakuan menggunakan teknik ingatan bayangan maju dan teknik linier. Karena penelitian ini bersifat komparatif, maka harga skor variabel X dan variabel Y diperbandingkan satu sama lain. Analisis pebandingan yang digunakan adalah statistik “t”. Dari hasil perbandingan kemampuan menulis karangan narasi dari kedua kelompok penelitian, disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar menulis narasi yang signifikan antara teknik ingatan bayangan maju dengan teknik linier oleh siswa kelas XI SMA Parulian 2 Medan tahun pembelajaran 2008/2009. Hal ini berdasarkan penghitungan dengan uji “t” diperoleh nilai to = 5,66 kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% maupun 1% dengan dk = (N1 – N2) ternyata to yang diperoleh lebih besar dari tt yaitu 2,01 < 5,66 > 2,69 sehingga hipotesis diterima. Perbedaan tersebut membuktikan bahwa teknik ingatan bayangan maju efektif digunakan dalam menulis karangan narasi. Skor antara variabel X dan variabel Y juga berbeda (lebih besar variabel X). Ini berarti kemampuan menulis karangan narasi melalui teknik ingatan bayangan maju lebih baik dibandingkan dengan kemampuan menulis karangan narasi melalui teknik linier. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan teknik ingatan bayangan maju lebih efektif digunakan dalam menulis karangan narasi dibandingan dengan model teknik linier.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAmbarita, Biner131411227
Call Number: SK-2009 IND
Keywords: Menulis,Karangan Narasi,Merangkai Peristiwa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P306 Translating and interpreting
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 03 Feb 2017 04:31
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22870

Actions (login required)

View Item View Item