HUBUNGAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN SIKAP INOVATIF DENGAN PRESTASI KERJA GURU SMA NEGERI DI KOTA MEDAN

Siregar, Herman Lokot (2007) HUBUNGAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN SIKAP INOVATIF DENGAN PRESTASI KERJA GURU SMA NEGERI DI KOTA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
055030563- cover.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
055030563-lembar pengesahan.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
055030563-abstrak.pdf - Published Version

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
055030563- kata pengantar.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
055030563-4- daftar isi.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
055030563-daftar tabel.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
055030563-daftar gambar.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
055030563-daftar lampiran.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
055030563-BAB 1.pdf - Published Version

Download (675kB) | Preview
[img]
Preview
Text
055030563-bab V.pdf - Published Version

Download (912kB) | Preview
[img]
Preview
Text
055030563-daftar pusaka.pdf - Published Version

Download (363kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan bahwa upaya peningkatan prestasi kerja guru dapat dilakukan melalui pengefektifkan kepemimpinan transformasional dan melalui sikap inovatif dari para guru.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan hubungan kepemimpinan transformasional dengan prestasi kerja guru, hubungan sikap inovatif dengan prestasi kerja guru, dan hubungan kepemimpinan transformasional dan sikap inovatif secara bersama-sama dengan prestasi kerja guru.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional karena melihat hubungan antar variabel penelitian. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru di lima SMA Negeri di Kota Medan yang berjumlah 356 orang, dan yang menjadi sampel penelitian sebanyak 70 orang atau 19,66 % yang diambil dan populasi dengan menggunakan teknik stratified proportional random sampling. Instrumen pengumpulan data adalah angket untuk variabel kepemimpinan transformasional dengan koefisien reliabiltas r11 = 0,855, variabel sikap inovatif dengan koefisien reliabiltas r11 = 0,864, dan prestasi kerja guru dengan koefisien reliabilitas rii = 0,878. Data dianalisis menggunakan teknik korelasi produk momen, regresi sederhana, regresi ganda, dan korelasi parsial serta uji-t.Hasil pengujian hipotesis menunjukkan: (1). terdapat hubungan positif yang berarti kepemimpinan transformasional dengan prestasi kerja guru ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar r = 0,7766 atau r2 = 0,6031 dan thitung = 10,17 > ttabel = 1,67 dengan dk = 68 pada taraf kepercayaan a = 0,05, (2). terdapat hubungan positif yang berarti skap inovatif dengan prestasi kerja guru ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar r = 0,7599 atau r2 = 0,5774 dan thitung = 9,64 > ttabel = 1,67 dengan dk = 68 pada taraf kepercayaan α = 0,05, (3). terdapat hubungan positif yang berarti antara kepemimpinan transformasional dan sikap inovatif secara bersama-sama dengan prestasi kerja guru. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar R = 0,8310 atau R2 = 0,6580 dengan dk = 68 pada taraf kepercayaan a = 0,05 dan sumbangan efektif sebesar 65,80 %, yang berarti bahwa 65,80 % prestasi kerja guru SMA Negeri di Kota Medan dapat dijelaskan dengan variabel kepemimpinan transformasional dan sikap inovatif secara bersama-sama melalui persamaan garis regresi ganda Y = 22,86 + 0,47X1 + 0,43X2.Simpulan hasil penelitian adalah; terdapat hubungan positif yang berarti antara kepemimpinan transformasional dan sikap inovatif baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama dengan prestasi kerja guru SMA Negeri di Kota Medan

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSagala, Syaiful195805091986111001
Thesis advisorSolin, Mutsyuhito195810061985031011
Call Number: 373.238 Sir h
Keywords: Kepemimpinan transformasional; Sikap inovatif; Prestasi kerja
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2831 Administrative personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2286

Actions (login required)

View Item View Item