aid nilai posttest universita serta declared procedure average teacher refer very instructional context matter people source sumber into outcome good perbandingan aspek education keefektifan state show disederhanakan teaching bentuk ajar bahwa tesi kategori angket sastra bahasa penilaian proposed borg value dinyatakan sekaligu adalah materi berjumlah result keyword student text wa pengembangan tampak numbered islam analysi performed tersebut learning medan research feasibility kualitatif aspect siswa print uji program pascasarjana expert comparison madrasah layak bahan trial adapted development hasil rata product content disimpulkan skor dapat memiliki design dalam using gall MAN nyata university berupa desain literature isi ABSTRACT pembelajaran kata concluded somewhat digunakan sampai kela validation ELFIYANI qualitative berbasi language graduate cetak ABSTRAK done kelayakan ini media analisi indonesia questionnaire excellent form mengetahui baik subject menunjukkan used coba model mengubah tek kontek lubuk study proper resource pengambilan produce dilakukan lubukpakam scale sesuai termasuk included skala islamic score dikemukakan changing pada komplek eligibility accordance clas pengumpulan likert menghasilkan ha through penyesuaian thesi based modul pendidikan collection prete alat simplified negeri dan bantu determine poste efektif effective kunci produk category sangat presentation indonesian fit time subjek effectivenes dengan data complex orang menggunakan pakam apparent quantitative yang difference assessment aliyah perbedaan guru penelitian merujuk belajar sebagai use kuantitatif 2016 NIM 8146192005 penyajian aim bertujuan oleh ahli validasi dipakai telah metode prosedur sugiyono method module material pretest berdasarkan sedikit